Sejarah Pembentukan Provinsi Papua Barat

Kompas.com - 01/07/2022, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Papua Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang wilayahnya terletak di ujung barat Pulau Papua.

Nama ibu kota Provinsi Papua Barat adalah Manokwari.

Sebelumnya, Papua Barat bernama Irian Jaya Barat, yang berdiri berdasarkan UU Nomor 45 Tahun 1999 tentang pembentukan Provinsi Irian Jaya Barat, Provinsi Irian Jaya Tengah, Kabupaten Mimika, Kabupaten Paniai, Kabupaten Puncak Jaya, dan Kota Sorong.

Meski pada awalnya pembentukan Provinsi Irian Jaya Barat mendapatkan penolakan dan dasar hukum pembentukannya sudah tidak memiliki kekuatan hukum yang mengikat, tetapi keberadaannya tetap dinyatakan sah.

Kemudian, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 18 April 2007, nama Irian Barat diubah menjadi Provinsi Papua Barat.

Lantas, bagaimana sejarah pembentukan Provinsi Papua Barat?

Baca juga: Sejarah Perubahan Nama Irian Jaya menjadi Papua

Hasil Pepera 1969

Berdirinya Papua atau Irian Barat berawal dari hasil Konferensi Meja Bundar (KMB) yang dilaksanakan pada 27 Desember 1949.

Beberapa hasil KMB adalah bahwa Belanda mengakui RIS sebagai negara merdeka dan berdaulat, dengan pengakuan kedaulatan dilakukan selambat-lambatnya pada 30 Desember 1949.

Namun, masalah Irian Barat masih akan dirundingkan lagi dalam waktu satu tahun setelah pengakuan kedaulatan RIS.

Alhasil, KMB masih menyisakan kekacauan bagi kedua belah pihak, karena Indonesia dan Belanda sama-sama merasa berhak atas tanah Papua atau Irian Barat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BPK RI
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.