Biografi Guru Abdurrazak, Singa Podium dari Betawi

Kompas.com - 28/06/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Guru Abdurrazak adalah salah seorang ulama Betawi yang berperan besar dalam pendidikan Islam di daerah Kuningan, Jakarta Selatan.

Ia lahir dari keluarga ulama. Guru Abdurrazak adalah putra dari Guru Muhammad Makmun sekaligus cucu dari Guru Muhammad Mughni, ulama besar Kuningan, Jakarta Selatan, dari pihak ibu.

Semasa hidup, Guru Abdurrazak dijuluki sebagai "singa podium", karena memiliki kemampuan berpidato yang hebat.

Berikut biografi singkat Guru Abdurrazak bin Makmun.

Baca juga: Biografi Guru Madjid, Guru Para Ulama Betawi

Kiprah pendirian madrasah

Guru Abdurrazak bin Makmun lahir pada Rabbiul Awal 1335 H atau 1916 Masehi.

Ia merupakan cucu dari Guru Muhammad Mughni, ulama besar di Kuningan, Jakarta Selatan.

Lahir di keluarga ulama dengan disiplin kuat dalam mengaji, Guru Abdurrazak tumbuh menjadi kiai yang disegani tidak hanya di wilayah Jakarta, tetapi juga di Mekkah.

Guru Abdurrazak pernah menggali ilmu agama hingga ke Mekkah, selama enam tahun, dan kemudian dikenal sebagai ahli ilmu fikih.

Salah satu cara Guru Abdurrazak memajukan pendidikan Islam adalah dengan mendirikan sebuah madrasah bernama Madrasah Raudhatul Muta'allimin pada 1945.

Cerita pendirian madrasah ini dimulai pada awal 1945, di mana Guru Abdurrazak bersama dua ulama Betawi, yaitu Ali Syibromalisi dan Abd. Syakur Khairy, mengikuti Mu'tamar Nahdlatul Ulama di PBNU Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang, Jawa Timur.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber NU Online
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.