Sejarah Gedung Bank BNI 1946 Yogyakarta

Kompas.com - 19/05/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Gedung Bank BNI 1946 Yogyakarta merupakan salah satu gedung peninggalan Belanda yang menyimpan beragam cerita sejarah.

Gedung ini berada di pusat Kota Yogyakarta, yakni di kawasan Titik Nol, Kampung Kauman, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan.

Gedung Bank BNI 1946 Yogyakarta menjadi salah satu cagar budaya yang berada di kawasan Titik Nol. 

Bangunan bernuansa kolonial ini dirancang oleh Johan Louwrens Ghijsels, seorang arsitek Belanda yang lahir di Tulungagung.

Sejak pembangunannya dimulai pada 1921 dan selesai pada 1922, Gedung Bank BNI 1946 Yogyakarta telah mengalami beberapa kali perubahan fungsi.

Baca juga: Sejarah Bank Sentral di Dunia

Fungsi Gedung BNI 1946

Pada awalnya, Gedung Bank BNI 1946 Yogyakarta digunakan sebagai kantor perusahaan asuransi jiwa bernama Nederlandsch Indische Levensverekeringen en Lijfrente Maatschappij (NILLMIJ), yang didirikan oleh C.F.W. Wiggers van Kerchem pada 31 Desember 1859.

Selain itu, gedung ini juga digunakan sebagai kantor Nederlandsch Handel Maatschappij (NHM), Escompto Maatschappij, dan kantor makelar Buyn & Co.

Kemudian, pada masa pendudukan Jepang, gedung ini menjadi kantor radio Jepang, Huso Kyoku.

Tidak hanya sebagai stasiun radio, gedung ini juga digunakan sebagai markas bagi pasukan Jepang untuk melawan Sekutu.

Setelah Indonesia merdeka, gedung ini dimanfaatkan sebagai studio siaran radio Mataramsche Vereeniging voor Radio Omroep (MAVRO), cikal bakal Radio Republik Indonesia (RRI) Nusantara II Yogyakarta.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.