Siapa Suku Asli di Indonesia?

Kompas.com - 19/05/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan keanekaragaman, mulai dari budaya, adat, bahasa, hingga suku.

Tercatat, saat ini ada lebih dari 300 suku yang mendiami wilayah Indonesia. Kendati demikian, pada awalnya hanya beberapa suku saja yang ada di Indonesia.

Lantas, siapakah suku asli di Indonesia?

Siapa suku asli di Indonesia?

Dari banyaknya suku yang ada di Indonesia saat ini, rupanya belum diketahui secara pasti bahwa ada orang indonesia asli.

Menurut salah satu pakar, orang pribumi adalah orang yang menghuni sebuah kawasan sejak lama, sementara penduduk yang tinggal di Indonesia banyak yang dulunya bermigrasi dari daerah lain.

Dengan demikian, tidak dapat dikatakan secara pasti bahwa orang pribumi merupakan darah asli orang Indonesia.

Baca juga: Suku-Suku yang Berada di Sumatera Utara

Migrasi bangsa Afrika

Bangsa tertua yang lebih dulu datang dan menghuni Nusantara adalah Homo Erectus, yang melakukan migrasi panjang dari Afrika sekitar 1,8 juta tahun lalu.

Manusia pendatang ini terbagi menjadi dua golongan, yakni Melanesia dan Austronesia.

Orang Melanesia datang ke Nusantara sejak 50.000 tahun lalu, sedangkan migrasi kedua datang sekitar 16.000-35.000 tahun lalu dari Indochina.

Setelah itu, datang orang Austronesia pada sekitar 4.000 tahun lalu, yang kemudian semakin berkembang dan menjadi berbagai suku yang ada di Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Kompas.com
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.