Sejarah Kota Lama Semarang

Kompas.com - 07/05/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Kota Lama Semarang merupakan salah satu destinasi populer yang banyak dikunjungi wisatawan ketika berkunjung ke Semarang.

Menjadi salah satu kawasan cagar budaya, Kota Lama menawarkan pemandangan gedung-gedung tua dan bersejarah dengan arsitektur khas Eropa.

Misalnya seperti Gereja Blenduk, Gedung Asuransi Jiwasraya, Gedung Bank Mandiri Mpu Tantular, Gedung Oudetrap, Gedung De Spiegel, Marba, dan masih banyak lainnya.

Pasalnya, pada masa kolonial Belanda, kawasan Kota Lama pernah dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan pusat perdagangan.

Pada masa itu, Kota Lama Semarang dikenal dengan nama de Europeesche Buurt. 

Berikut ini sejarah singkat Kota Lama Semarang.

Baca juga: Asal-usul Nama Semarang, dari Pohon Asam

Diserahkan Mataram Islam ke VOC

Sejarah Kota Lama Semarang berawal dari kesepakatan antara Kerajaan Mataram Islam dengan pihak Belanda yang diwakili VOC.

Semarang, yang merupakan kota pelabuhan berbasis ekonomi perdagangan, membuat VOC tertarik untuk menguasainya, bersama dengan pelabuhan-pelabuhan lain di sepanjang pesisir utara Jawa.

Keinginan VOC tersebut mendapat momentum pada paruh kedua abad ke-17, ketika Kerajaan Mataram Islam kewalahan menghadapi pemberontakan Trunojoyo dari Madura.

VOC mengaku bersedia membantu Kerajaan Mataram Islam menghadapi pemberontakan Trunojoyo.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.