Perang Cambrai 1917: Penyebab, Pertempuran, dan Akhir

Kompas.com - 26/01/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Perang Cambrai adalah pertempuran antara Jerman dan Inggris yang berlangsung sejak 20 November hingga 7 Desember 1917.

Pertempuran yang terjadi pada masa Perang Dunia I ini disebut sebagai pertempuran pertama yang menggunakan tank dalam skala besar.

Perang yang berlangsung di Cambrai, Provinsi Nord, Perancis, ini mengakibatkan lebih dari 12.000 korban jiwa.

Cambrai menjadi kota yang dipilih oleh Inggris karena jalan di sana cocok untuk dilewati oleh tank-tank mereka.

Baca juga: Sejarah Perang Dunia I (1914-1918)

Latar belakang

Terjadinya Perang Cambrai diawali dengan runtuhnya Kekaisaran Rusia pada 1917. Sejak itu, Jerman berusaha meningkatkan intervensi mereka di Front Timur guna mempercepat keruntuhan.

Sayangnya, intervensi tersebut justru membuat pasukan Jerman melemah di Front Barat, karena beberapa formasi pasukannya dipindahkan ke Front Timur.

Entente (persekutuan Britania Raya, Perancis, dan Rusia) ingin memanfaatkan kelemahan Jerman dengan melancarkan beberapa serangan besar di Front Barat.

Akan tetapi, hal tersebut juga tidak membawa pengaruh yang signifikan. Pada 20 Mei 1917, Inggris melakukan serangan besar di Flanders, Belgia.

Namun, masih sama seperti sebelumnya, serangan tersebut hanya membawa dampak kerugian bagi mereka.

Setelah terus mengalami kegagalan, para jenderal mulai menyadari bahwa taktik yang mereka gunakan selama ini harus diganti.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.