Mengapa Ada Negara Eropa yang Netral Saat Perang Dunia I?

Kompas.com - 21/01/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Dalam situasi perang, negara netral adalah negara yang tidak memihak pada suatu negara atau kelompok manapun, termasuk ketika Perang Dunia I meletus.

Perang Dunia I merupakan salah satu pertempuran terbesar dalam sejarah yang pada akhirnya melibatkan hingga 135 negara di dunia.

Berlangsung sejak 1914 hingga 1918, Perang Dunia I melibatkan dua kelompok utama, yaitu Aliansi Sekutu (Inggris, Italia, Perancis, Rusia) dan Aliansi Sentral (Jerman, Austria-Hongaria, Turki).

Meski bermula di Eropa, ternyata tidak semua negara di Benua Biru tersebut ikut terlibat dalam Perang Dunia I.

Lalu, mengapa ada negara di Eropa yang bersikap netral ketika Perang Dunia I berlangsung?

Baca juga: Mengapa Perang Dunia I Menyebar ke Berbagai Negara?

Negara Netral

Meski menjadi negara netral berarti menahan diri untuk tidak memihak, tetapi bukan berarti mereka tidak bisa berbuat apa-apa.

Negara yang netral nyatanya masih dapat melakukan beberapa hal, seperti melindungi pengungsi atau tawanan perang, menjual senjata, dan membantu mengobati tentara yang terluka.

Suatu negara juga masih dikatakan netral, meskipun memberi perlawanan ketika diserang.

Sehingga, negara netral dapat diartikan sebagai negara yang bebas membantu pihak manapun yang dipilih, tanpa benar-benar terlibat langsung dalam medan pertempuran.

Selama Perang Dunia I, ada yang sepenuhnya netral dan tidak memihak Blok Sekutu atau Blok Sentral, ada pula yang menyatakan sebagai negara netral meski memiliki kecenderungan memihak salah satu pihak.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber History
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.