Sejarah Singkat Masjid di Dunia

Kompas.com - 20/01/2022, 10:00 WIB
Masjid Nabawi di Madinah yang pertama kali dibangun Nabi Muhammad pada 622 M. Alwahidi TravelsMasjid Nabawi di Madinah yang pertama kali dibangun Nabi Muhammad pada 622 M.

KOMPAS.com - Masjid adalah tempat ibadah umat Islam yang sifatnya suci dari najis.

Masjid berasal dari kata sajada, yang artinya sujud, menyembah, atau merendahkan diri.

Pada masa Nabi Muhammad, fungsi masjid tidak hanya sebagai tempat beribadah umat Islam, tetapi juga sebagai pusat kegiatan sosial kemasyarakatan.

Rasulullah diketahui menggunakan masjid sebagai tempat pertemuan bersama para sahabat, tempat bermusyawarah, memberikan perlindungan, bahkan pengobatan.

Selain itu, Nabi Muhammad juga yang pertama kali mendirikan masjid.

Lantas, bagaimana sejarah masjid hingga akhirnya sampai di Indonesia?

Baca juga: Periodisasi Sejarah Peradaban Islam

Pertama kali dibangun Rasulullah

Masjid yang pertama dibangun dalam sejarah Islam adalah Masjid Quba, yang didirikan oleh Nabi Muhammad pada 28 September 622 di kawasan pinggiran Yatsrib, Madinah.

Masjid Quba bentuknya masih sangat sederhana, di mana tiangnya terbuat dari batang pohon kurma dan atapnya pun dari pelepah daun kurma.

Setelah Masjid Quba, yang didirikan ketika Rasulullah dalam perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah, di tahun yang sama, dibangun masjid kedua, yaitu Masjid Nabawi.

Masjid yang awalnya juga berpenampilan sederhana ini diperluas serta dipermegah pada 706, dan kini menjadi masjid terbesar kedua di dunia.

Baca juga: Mengapa Kaum Kafir Quraisy Melakukan Pemboikotan terhadap Umat Islam?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Kemenag
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.