Siapa Ibnu Hajar al-Asqalani?

Kompas.com - 14/01/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Ibnu Hajar al-Asqalani adalah seorang ahli hadis terkemuka yang diketahui memiliki 150 karya dari beberapa bidang ilmu.

Selain hadis, karya-karyanya membahas mengenai sejarah, tafsir, puisi, dan fikih Syafi'i.

Salah satu karyanya yang terkenal adalah Kitab Fathul Bari (Kemenangan Sang Pencipta), yang merupakan penjelasan Kitab Shahih Bukhari yang diakui paling detail.

Kehidupan awal

Ibnu Hajar al-Asqalani lahir pada 18 Februari 1372 di Mesir dengan nama lengkap Syihabuddin Abul Fadhl Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad bin Hajar.

Ia tumbuh sebagai anak yatim piatu, karena ayahnya meninggal saat usianya baru menginjak empat tahun, kemudian disusul oleh ibunya.

Karena itu, sejak kecil Ibnu Hajar al-Asqalani diasuh oleh kerabatnya, Zaki ad-Din al-Kharrubi, yang menjadi wali sahnya.

Baca juga: Ibnu Taimiyah, Ulama yang Hidup dari Penjara ke Penjara

Salah satu guru Ibnu Hajar al-Asqalani adalah Syamsuddin bin Al-Alaf, di mana ia belajar menghafal Al Quran sejak usia lima tahun.

Pada usia sembilan tahun, ia telah menghafal seluruh isi Al Quran. Kemudian, menginjak usia 13 tahun, ia semakin serius untuk belajar bahkan menamatkan sejumlah kitab, yaitu:

  • Al-Umdah Al-Ahkaam karya Abdulghani Al-Maqdisi
  • Al-Alfiyah fi Ulum Al-Hadits karya Al-Hafizh Al-Iraqi
  • Al-Haawi Ash-Shaghi karya Al-Qazwinir

Ketika walinya meninggal pada 1386, pendidikan Ibnu Hajar al-Asqalani di Mesir dipercayakan kepada sarjana hadis, Syamsuddin bin al-Qattan.

Selain itu, Ibnu Hajar al-Asqalani belajar tentang fikih (hukum Islam) dan hadis dari Al-Hafizh Al-Iraqi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.