Kasus Pemerkosaan Sum Kuning

Kompas.com - 07/12/2021, 10:00 WIB
Berita kasus pemerkosaan Sum Kunin KSW/KompasBerita kasus pemerkosaan Sum Kunin

KOMPAS.com – Kasus Sum Kuning merupakan kasus pemerkosaan terhadap seorang wanita bernama Sumaridjem yang terjadi di Yogyakarta pada 21 September 1970.

Kala itu, Sumaridjem yang masih berusia 17 tahun, diculik oleh segerombolan pria dengan menggunakan mobil kemudian diperkosa.

Meski hasil persidangan sempat menetapkan dua orang sebagai pelakunya, hingga kini kasus Sum Kuning masih menjadi misteri.

Baca juga: Perkosaan Massal Tahun 1998

Kronologi

Pada 21 September 1970, Sumaridjem pulang terlambat sehingga terpaksa harus menyusuri malam sendirian.

Gadis penjual telur ini pun tidak bisa mengendarai bus kota, karena selepas pukul 17.00 sudah tidak ada lagi bus kota yang lewat di Ngampilan.

Oleh karena itu, Sumaridjem terpaksa berjalan ke arah utara, melewati Jalan Patuk menuju ke Jalan Ngupasan.

Sesampainya di Ngupasan, bus kota yang menuju ke arah Godean tidak kunjung datang. Ia pun berjalan dengan penuh rasa was-was karena hari sudah gelap dan kondisi jalanan sudah sangat sepi.

Sewaktu Sumaridjem melintas di timur Asrama Polisi Patuk, tiba-tiba ada sebuah mobil yang hampir menyerempet dan berhenti di dekatnya.

Setelah itu, segerombolan pemuda gondrong turun dari mobil dan menculik Sumaridjem. Selama di dalam mobil, ia diancam menggunakan belati yang ditempelkan di lehernya.

Baca juga: Misteri Pembunuhan Ditje, Peragawati Terkenal Era Orde Baru

Mobil segera bergerak mengitari Jalan Diponegoro menuju ke Bumijo, dan tidak lama kemudian Sumaridjem dibius hingga hampir tidak sadarkan diri.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.