Pengakuan PBB terhadap Kemerdekaan Indonesia

Kompas.com - 03/12/2021, 13:00 WIB
Bendera Indonesia untuk pertama kalinya dikibarkan di PBB pada 28 September 1950. Kementerian Luar Negeri Republik IndonesiaBendera Indonesia untuk pertama kalinya dikibarkan di PBB pada 28 September 1950.

KOMPAS.com – Pada tanggal 27 Desember 1949, Belanda secara resmi mengakui kedaulatan Indonesia.

Hampir satu tahun kemudian, tepatnya tanggal 28 September 1950, Indonesia secara resmi menjadi anggota dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pengakuan kedaulatan Indonesia oleh PBB kemudian disahkan dalam Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa Nomor 86.

Baca juga: Tokoh Pembentukan PBB

Pengakuan kedaulatan dari negara lain

Sejak indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia berupaya menghimpun simpati negara-negara lain untuk memberikan pengakuan terhadap kedaulatan Indonesia.

Pengakuan kedaulatan dari negara-negara lain sangat diperlukan dan dianggap sangat penting bagi bangsa Indonesia agar tidak diasingkan dalam hubungan internasional.

Selain itu, dengan adanya pengakuan kedaulatan maka secara otomatis bangsa Indonesia dapat menjalin kerjasama dengan bangsa lain.

Negara-negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia adalah:

  • Mesir
  • India
  • Australia
  • Suriah
  • Lebanon
  • Arab Saudi
  • Yaman
  • Palestina
  • Vatikan
  • Belanda

Baca juga: Peristiwa yang Mengawali Pengakuan Kedaulatan oleh Belanda

Pengakuan kedaulatan oleh PBB

Setelah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia tanggal 27 Desember 1949, kurang dari setahun kemudian, PBB mengakui kedaulatan Indonesia.

Awal mula kedaulatan Indonesia bisa diakui dan dijadikan negara anggota PBB adalah ketika pemerintah RI mengutus Wakil Tetap RI pertama di PBB, Lambertus Nicodemus Palar.

Duta Besar Palar berusaha mendapatkan pengakuan internasional kemerdekaan Indonesia pada saat konflik antara Indonesia-Belanda masih terjadi tahun 1947.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.