Asal-usul Nama Kota Madinah

Kompas.com - 01/12/2021, 12:00 WIB
Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. dailytimes.com.pkMasjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

KOMPAS.com - Madinah adalah kota sekaligus ibukota dari Provinsi Madinah di Arab Saudi. 

Kota ini dianggap sebagai pusat kekuatan Islam dalam abad-abad ketika komunitas Muslim mulai berkembang di sana. 

Madinah juga menjadi tempat berdirinya tiga masjid tertua yang pernah dibangun, yaitu Masjid Quba, Masjid Nabawi, dan Masjid Qiblatain. 

Konon, asal-usul nama Madinah sendiri berasal dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Yatsrib (sekarang Madinah) pada 622 M. 

Baca juga: Wujud Akulturasi Budaya Lokal dengan Islam

Asal-usul nama Madinah

Dulunya bernama Yatsrib

Pada masa sebelum Islam berkembang, kota Madinah disebut dengan nama Yatsrib, yang saat itu dikenal sebagai kota pusat perdagangan.

Ada yang berpendapat bahwa Yatsrib berasal dari bahasa Ibrani atau Aram. Namun, pendapat lain menyatakan kalau nama tersebut adalah sebutan bagi masyarakat Arab selatan. 

Versi lain juga ada yang mengatakan bahwa Yatsrib berasal dari seorang keturunan Bani Ubail (sekelompok pengikut Ubail) yang bernama Yatsrib bin Qaniyah bin Mikhail bin Aram bin Ubail bin Ush bin Aram bin Sam bin Nuh. 

Sosok Yatsrib diduga merupakan orang pertama yang datang ke daerah tersebut, yang kemudian namanya digunakan sebagai nama kota.

Menurut praduga para ahli, Yatsrib tinggal di kota tersebut hingga mereka diusir oleh pendatang yang disebut-sebut dengan nama Kaum Amalik. 

Kaum Amalik merupakan keturunan dari Imlik bin Lodz bin Sam bin Nuh yang dianggap sebagai salah satu kabilah Arab paling awal. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.