Asal-usul Nama Blora

Kompas.com - 30/11/2021, 09:00 WIB
Alun-alun Kota Blora. Wikimedia CommonsAlun-alun Kota Blora.

KOMPAS.com - Blora merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di bagian paling timur, berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro di Jawa Timur.

Selama ini Kota Blora dikenal dengan julukan Kota Satai, Kota Barongan, Kota Samin, dan Kota Kayu Jati.

Konon, nama Blora sendiri diambil dari kata Bhurara, yang berarti tanah yang diberikan raja kepada seorang anak atau orang yang berjasa kepada negara. 

Namun, versi lain juga menyebutkan bahwa nama Blora berasal dari kata Belor yang artinya lumpur. 

Baca juga: Asal-usul Nama Grobogan

Berasal dari kata Bhurara 

Menurut cerita rakyat, asal-usul nama Blora dapat ditelusuri dari kisah Prabu Airlangga, raja di Kahuripan, Jawa Timur, yang terus melebarkan kekuasaannya.

Prabu Airlangga sendiri memilik tiga orang anak. Anak pertama perempuan dan anak kedua serta ketiganya laki-laki. 

Anak perempuannya, yang dicalonkan menjadi penguasa selanjutnya, memangku jabatan sebagai Sanggramawijaya, jabatan tertinggi setelah raja. 

Akan tetapi, ternyata putrinya tidak mau menerima mahkota kerajaan. Alasannya adalah karena ia berkeinginan untuk menjadi seorang brahmani (suatu golongan dalam agama Hindu). 

Sang putri ingin mendalami tentang agama dan hendak tinggal di lereng Gunung Penanggungan, karena ia merasa menjadi brahmani adalah panggilan hidupnya. 

Ketika mengetahui bahwa putrinya menolak untuk mewarisi takhta kerajaan, Prabu Airlangga merasa bingung siapa yang akan menggantikan kedudukannya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.