Samurai: Sejarah, Senjata, Kode Etik, dan Pembubaran

Kompas.com - 02/11/2021, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Samurai adalah golongan kesatria atau elite militer pada zaman feodalisme di Jepang.

Golongan ini muncul sebagai prajurit provinsi, sebelum akhirnya naik ke tampuk kekuasaan pada abad ke-12, ketika Jepang mulai dikuasai oleh diktator yang dikenal sebagai shogun.

Selama Jepang diperintah oleh keshogunan (abad ke-12 hingga abad ke-19), samurai menjadi kekuatan militer bagi shogun dan daimyo (pimpinan daerah).

Restorasi Meiji yang berlangsung antara 1868-1869 tidak hanya mengakhiri keshogunan di Jepang, tetapi juga dominasi samurai.

Sejarah awal samurai

Apabila diterjemahkan, kata "samurai" berarti "mereka yang melayani" atau "pengikut". Di Jepang, samurai awalnya dikenal sebagai bushi (prajurit).

Istilah samurai sendiri baru digunakan pada awal abad ke-10, untuk menunjukkan kedudukan yang lebih tinggi dari bushi atau prajurit biasa.

Selama zaman Heian (794-1185), samurai adalah pendukung bersenjata dari pemilik tanah yang dulunya bekerja di istana kekaisaran.

Baca juga: Sejarah Shogun Jepang

Pada pertengahan abad ke-12, kekuatan politik di Jepang secara bertahap bergeser dari kaisar dan bangsawan di Kyoto ke kepala klan di perkebunan.

Perang Gempei yang berlangsung antara 1180-1885, menjadi pertempuran antara dua klan besar (Taira dan Minamoto), dalam perebutan kendali atas Jepang.

Perang berakhir ketika salah satu pahlawan samurai paling terkenal dalam sejarah Jepang, Minamoto Yoshitsune, membawa klannya menuju kemenangan atas Taira.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber History
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.