Operasi Barbarossa: Latar Belakang, Pertempuran, dan Dampak

Kompas.com - 22/10/2021, 13:00 WIB
Adolf Hitler bersama anggota Partai Nazi pada 1930. German Federal AchivesAdolf Hitler bersama anggota Partai Nazi pada 1930.

KOMPAS.comOperasi Barbarossa adalah operasi invasi tentara Jerman terhadap Uni Soviet pada Perang Dunia II yang dimulai tanggal 22 Juni 1941.

Dalam Operasi Barbarossa, Jerman mengirim 3 juta tentara, 19 divisi panser, 3.000 tank, 2.500 pesawat tempur, 600.000 unit kendaraan bermotor, 700.000 ekor kuda dan 7.000 artileri untuk menyerang Uni Soviet.

Dari operasi ini, Jerman sempat mengungguli Uni Soviet. Namun, saat musim dingin tiba, Jerman berhasil dipukul mundur Uni Soviet akibat tidak siap menghadapi musim dingin di Uni Soviet.

Baca juga: Sejarah Runtuhnya Uni Soviet (1991)

Latar Belakang

Pada Perang Dunia II, Jerman dan Uni Soviet menandatangani sebuah pakta bernama Pakta Molotov-Ribbentrop, tepatnya pada 23 Agustus 1939.

Dalam pakta tersebut, Jerman dan Uni Soviet sudah saling berjanji untuk tidak saling menyerang baik secara langsung maupun tidak langsung.

Namun, Adolf Hitler, pimpinan tentara Nazi Jerman, melanggar pakta tersebut karena ingin menaklukkan wilayah barat Uni Soviet agar wilayah tersebut diisi oleh warga Jerman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, alasan lain Jerman melanggar kesepakatan dengan Uni Soviet karena ingin merebut sumber daya minyak di pegunungan Kaukasus.

Guna melancarkan tujuannya tersebut, pada 18 Desember 1940 disusunlah perencanaan penyerangan.

Masih di tanggal yang sama, Hitler menandatangani Führer Directive 21 yang berisi instruksi kepada Komando Tinggi Jerman untuk melakukan operasi dengan nama Operasi Barbarossa.

Barbarossa sendiri berasal dari nama Kaisar Jerman, yaitu Kaisar Frederick Barbarossa.

Baca juga: Uni Soviet: Sejarah, Ekonomi, dan Pembubaran

Halaman:


Sumber History
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.