Wilhelmina, Ratu Belanda Paling Merana

Kompas.com - 22/10/2021, 11:00 WIB
Ratu Wilhelmina dari Belanda George Grantham Bain Collection/Library of Congress, Washington, D.C.Ratu Wilhelmina dari Belanda

Oleh: Muhchamad Haris Tarmidi, Guru SDN 1 Puguh, Kendal, Jawa Tengah

 

KOMPAS.com - Sebelum menjadi negara, wilayah Indonesia pernah dipimpin oleh seorang ratu yang biasa dikenal dengan nama Ratu Wilhelmina.

Ratu Belanda bernama lengkap Wilhelmina Helena Pauline Marie van Orange-Nassau lahir pada 31 Agustus 1880 di Den Haag, Belanda.

Wilhelmina naik takhta pada tahun 1890 saat usianya baru 10 tahun. Takhta didapatkan dari sang ayah, Raja Willem III, yang meninggal pada 23 November 1890.

Memasuki usia 20 tahun, Wilhelmina sudah menunjukkan kualitasnya. Dia menetapkan kebijakan politik etis, yang akhirnya mengantarkan Indonesia pada kebangkitan nasional. 

Pada masa pemerintahannya, banyak sekali ujian yang dihadapi. Mulai dari Perang Dunia I dan II, krisis ekonomi Eropa, hingga pergolakan di Hindia Belanda (Indonesia).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyaknya masalah ini membuat Sang Ratu beberapa kali keguguran, dan baru melahirkan Putri Juliana setelah 8 tahun menikah.

Baca juga: Daftar Raja dan Ratu Belanda

Kekalahan dari Jerman

Dalam Perang Dunia II, Belanda menyatakan netral. Namun Jerman tidak menanggapi, dan tetap menginvasi Belanda.

Jerman menyerang Belanda karena letak Belanda yang strategis. Jerman ingin mengantisipasi pendaratan sekutu melalui Belanda.

Pada 10 Mei 1940, Jerman menyerang Belanda dengan kekuatan pasukan infanteri dan lintas udara. Kekuatan militer Belanda bukan tandingan Jerman. Pada akhirnya Belanda menyerah kalah pada 14 Mei 1940.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.