Francis Drake, Pelaut Inggris Pertama yang Mengelilingi Dunia

Kompas.com - 18/10/2021, 13:00 WIB
Francis Drake, pelaut Inggris pertama yang datang ke Indonesia. HistoryFrancis Drake, pelaut Inggris pertama yang datang ke Indonesia.

KOMPAS.com - Francis Drake adalah pelaut Inggris paling terkenal selama masa pemerintahan Ratu Elizabeth I.

Penjelajah yang juga terlibat dalam pembajakan dan perdagangan budak ilegal ini diketahui sebagai orang Inggris pertama yang berhasil mengelilingi dunia.

Dalam perjalanan mengelilingi dunia itu, Francis Drake datang ke Indonesia, tepatnya di Kepulauan Maluku.

Awal kehidupan

Francis Drake diperkirakan lahir antara 1540-1544 di Devonshire, Inggris. Ia kemudian dibesarkan di Plymouth oleh keluarga Hawkins, kerabatnya yang bekerja sebagai pedagang dan bajak laut.

Menginjak usia 18 tahun, untuk pertama kalinya ia diajak berlayar bersama dan mendapatkan kapalnya sendiri pada sekitar 1560-an.

Pada 1567, Francis Drake dan sepupunya, John Hawkins, berlayar ke Afrika untuk melakukan perdagangan budak secara ilegal.

Setelah itu, mereka hendak menjual para budak, tetapi mendapatkan serangan dari tentara Spanyol di Pelabuhan San Juan de Ulua, Meksiko.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akibat insiden itu, rekannya banyak yang tewas, sehingga Francis Drake menjadi sangat benci terhadap Kerajaan Spanyol.

Baca juga: Sebastian del Cano, Pelaut Eropa Pertama yang Mengelilingi Dunia

Direkrut oleh Ratu Elizabeth I

Sepak terjang Francis Drake di laut ternyata menarik perhatian Ratu Elizabeth I, yang kemudian memberikan kapal perang dan hak untuk menjarah pelabuhan Spanyol di Karibia.

Mulai tahun 1572, Francis Drake banyak menjarah kapal-kapal Spanyol di sekitar Panama dan kembali ke Inggris dengan sejumlah besar harta rampasan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.