Pax Neerlandica: Pengertian, Pencetus, Tujuan, Pelaksanaan, dan Dampak

Kompas.com - 13/10/2021, 08:00 WIB
Peta Kepulauan Indonesia pada abad ke-17 yang dibuat oleh Nicolaes Visscher II. Wikimedia CommonsPeta Kepulauan Indonesia pada abad ke-17 yang dibuat oleh Nicolaes Visscher II.

KOMPAS.com - Saat masih menjajah Indonesia, Pemerintah Hindia-Belanda mengeluarkan kebijakan dalam berbagai bidang untuk mendukung kekuasaannya.

Seiring dengan pelaksanaan politik ekonomi liberal, Belanda melaksanakan Pax Neerlandica.

Pax Neerlandica atau Pax Netherlandica atau Pax Nederlandica adalah upaya Belanda untuk menguasai seluruh Nusantara di bawah kekuasaannya.

Gagasan Pax Neerlandica yang dicetuskan oleh Gubernur Jenderal Johannes Benedictus van Heutsz pertama kali muncul pada awal abad ke-20.

Latar belakang dan tujuan

Pembentukan Pax Neerlandica dilatarbelakangi oleh keinginan pemerintah kolonial agar wilayah jajahannya tidak diduduki oleh bangsa Barat lainnya.

Terlebih lagi setelah dibukanya Terusan Suez, yang mempersingkat jalur pelayaran antara Asia dan Eropa.

Langkah ini menunjukkan bahwa Belanda mengalami perubahan orientasi politik, yang awalnya hanya melakukan monopoli perdagangan di daerah jajahannya menjadi negara yang melakukan politik ekspansi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan tujuan Pax Neerlandica adalah untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan kekuasaan penjajah setelah dilakukan penaklukan, perjanjian damai, dan persetujuan kerjasama.

Selain itu, Belanda ingin mengubah sistem administrasi tradisional di Nusantara menjadi sistem administrasi modern dengan cara mengubah sistem pemimpin pribumi ke sistem birokrasi kolonial.

Dengan begitu, Belanda dapat mengambil posisi penting dalam pemerintahan, sementara orang-orang pribumi hanya dijadikan pegawai.

Baca juga: Politik Pintu Terbuka Belanda: Pengertian, Tujuan, dan Dampak

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.