Asal-usul Nama Kota Dumai dan Legenda Putri Tujuh

Kompas.com - 07/10/2021, 15:00 WIB
Kapal penumpang mendekat untuk sandar di perlabuhan konvensional di Kota Dumai, Riau, Rabu (19/3). Meski kabut asap masih menyelimuti Kota Dumai, aktivitas pelayaran sudah berlangsung normal.

Kompas/Lucky Pransiska (UKI)
19-03-2014 LUCKY PRANSISKAKapal penumpang mendekat untuk sandar di perlabuhan konvensional di Kota Dumai, Riau, Rabu (19/3). Meski kabut asap masih menyelimuti Kota Dumai, aktivitas pelayaran sudah berlangsung normal. Kompas/Lucky Pransiska (UKI) 19-03-2014

KOMPAS.com - Dumai merupakan nama sebuah kota di Provinsi Riau, yang terletak sekitar 188 kilometer dari Kota Pekanbaru.

Kota Dumai merupakan hasil pemekaran Kabupaten Bengkalis, yang diresmikan sebagai kota pada 20 April 1999.

Sebelumnya, statusnya adalah sebagai kota administratif di dalam Kabupaten Bengkalis.

Masa jabatan Walikota Dumai pertama dimulai pada 27 April 1999. Tanggal inilah yang kemudian dijadikan hari ulang tahun Kota Dumai.

Lantas, mengapa kota ini diberi nama Dumai?

Berasal dari Legenda Putri Tujuh

Sejarah nama Kota Dumai bermula dari kisah zaman dulu tentang sebuah Kerajaan Seri Bunga Tanjung, dalam cerita Legenda Putri Tujuh.

Kerajaan itu diperintah oleh seorang ratu cantik bernama Cik Sima, yang memiliki tujuh orang putri.

Dari ketujuh putrinya, si bungsu yang bernama Mayang Sari adalah putri yang paling cantik.

Tidak hanya memiliki wajah elok berseri bagai bulan purnama dan bibir merah bagai buah delima, Mayang Sari memiliki tubuh indah memesona dan kulitnya lembut bagai sutera.

Baca juga: Asal Usul Nama dan Julukan Kota Mataram

Suatu hari, ketujuh putri ratu mandi di lubuk Sarang Umai sambil bersenang-senang. Mereka pun tidak menyadari kehadiran beberapa pasang mata yang memerhatikan, yang tidak lain adalah Pangeran Empang Kuala dan para pengawalnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.