Asal Usul Nama Bogor

Kompas.com - 23/09/2021, 14:00 WIB
Lukisan Bogor di masa lampau oleh A. Salm dari tahun 1865 - 1872. Lukisan menggambarkan jalan dari Buitenzorg (Bogor) ke Preanger (Bandung). TropenmuseumLukisan Bogor di masa lampau oleh A. Salm dari tahun 1865 - 1872. Lukisan menggambarkan jalan dari Buitenzorg (Bogor) ke Preanger (Bandung).

KOMPAS.com - Nama Bogor menurut bahasa Sunda, berarti tunggal pohon aren atau kawung yang hangus.

Penamaan ini dilatarbelakangi peristiwa yang dialami rombongan kumpeni Belanda pada tahun 1689 ketika berada di pusat kekuasaan Pajajaran. 

Baca juga: Kebun Raya Bogor, Bukti Pengaruh Kekuasaan Inggris di Indonesia

Asal Mula

Pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Camphuys tahun 1684-1691, perhatiannya sangat besar terhadap pedalaman Priangan.

Ia menugaskan pasukan tentara di bawah pimpinan seorang opsir pribumi, yaitu Taunjiwa untuk mendirikan pangkalan kekuasaan kumpeni di pedalaman.

Tahun 1689, saat sampai di pusat kekuasaan Pajajaran, rombongan kumpeni berhenti di sana dan membabat hutan dengan maksud untuk membuat babakan.

Usai dibabat, hutan tersebut kemudian dibakar. Setelah api padam, di antara tunggul-tunggul yang hangus, muncul pohon aren.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berawal dari situ, disebutlah tempat itu sebagai Bogor.

Bogor dalam bahasa Sunda berarti pohon aren yang sudah tua atau pohon aren yang hangus karena tersambar petir atau terbakar api.

Baca juga: Asal-usul Berdirinya Kerajaan Majapahit

Masa Pendudukan Gubernur Jenderal Hindia Belanda

Kerajaan Pajajaran berkuasa sejak tahun 1482 hingga tahun 1579. Raja yang terkenal di kerajaan tersebut adalah Sri Baduga Maharaja.

Kemudian, periode 1745-1808, Bogor menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda. Di masa kolonial, Bogor memiliki nama Buitenzorg.

Halaman:


Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.