Isi Pidato "I Have a Dream" Martin Luther King

Kompas.com - 21/09/2021, 08:00 WIB
Martin Luther King memberikan pidatonya yang paling terkenal, I Have a Dream, di depan Lincoln Memorial selama Pawai 1963 di Washington DC. National Archives and Records Administration/Rowland SchermanMartin Luther King memberikan pidatonya yang paling terkenal, I Have a Dream, di depan Lincoln Memorial selama Pawai 1963 di Washington DC.

KOMPAS.com - Martin Luther King Jr. merupakan seorang pendeta dan aktivis yang menjadi juru bicara paling berpengaruh dalam gerakan hak-hak sipil Amerika dari 1955 hingga pembunuhannya pada 1968.

Melalui pidato-pidatonya, Luther King mampu menginspirasi dan menggerakkan hati banyak orang.

Salah satu pidatonya yang terkenal bertajuk "I Have a Dream" atau "Aku Punya Mimpi", yang ia bawakan pada 28 Agustus 1963 di Lincoln Memorial, Washington DC, di hadapan sekitar 250.000 orang.

Bahkan hingga saat ini, pidato Luther King itu dianggap sebagai salah satu pidato terpenting dalam sejarah Amerika Serikat.

Lahir dari keresahan Martin Luther King

"I Have a Dream" lahir dari keresahan Martin Luther King, seorang kulit hitam yang sejak kecil akrab dengan diskriminasi rasial.

Sebagai pejuang kesetaraan, ia tidak asing dengan tantangan dari warga kulit putih ataupun pemerintah.

Namun pidatonya siang itu, berhasil membuat sekitar 250.000 orang yang berkumpul di Lincoln Memorial berdecak kagum dan terbakar semangatnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam pidato itu, Luther King menyentil masalah pengangguran, rasial, keadilan sosial, hak-hak sipil, kesetaraan gender antara kulit putih dan kulit hitam, serta harapan untuk dicabutnya undang-undang dan kebijakan yang mendukung segregasi berdasarkan ras.

Seluruh dunia kemudian mengingat pidato "I Have a Dream" sebagai visi pribadi Martin Luther King yang berdampak besar terhadap banyak orang.

Baca juga: Abolisionisme, Penghapusan Perbudakan di Amerika Serikat

Isi pidato Martin Luther King

Di Lincoln Memorial, Martin Luther King menyampaikan pidato selama 17 menit. Dari pidatonya itu, terdapat bagian yang paling terkenal, yang justru tidak berasal dari naskah yang telah disiapkannya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.