Keterlibatan Amerika Serikat dalam PRRI

Kompas.com - 20/09/2021, 10:00 WIB
Pilot Amerika Serikat Allen Pope dalam persidangan pada 28 Desember 1959 40 Tahun Angkatan Bersenjata Republik IndonesiaPilot Amerika Serikat Allen Pope dalam persidangan pada 28 Desember 1959

KOMPAS.com - Pada 1956 hingga 1958, terjadi pemberontakan di Sumatera disebut Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI).

Selain PRRI, juga terjadi pemberontakan Permesta di Sulawesi, Perjuangan Rakyat Semesta.

Pemberontakan ini terjadi karena rasa kecewa para politis dan perwira di daerah tersebut terhadap kebijakan pemerintah pusat Republik Indonesia.

Dalam pemberontakan ini, para politisi dan perwira juga turut dibantu oleh Amerika Serikat karena sikap anti-komunis mereka.

Keterlibatan Amerika Serikat dalam pemberontakan PRRI dan Permesta adalah dengan memberi bantuan berupa pesawat tempur, dana, perlengkapan, amunisi, dan pilot melalui CIA (Central Intelligence Agency).

Baca juga: PRRI: Latar Belakang, Tuntutan, Anggota, Penumpasan, dan Dampaknya

Keterlibatan Amerika Serikat dalam PRRI dan Permesta

Kekecewaan yang dirasakan oleh para politisi dan perwira tidak hanya disebabkan oleh kebijakan pemerintah pusat Republik Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, kedekatan Presiden Soekarno dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) juga membuat para politisi dan perwira di daerah tidak senang, karena banyak dari mereka yang sangat anti-komunis dan pro-barat.

Karena bersikap anti-komunis, mereka pun mendapat dukungan dan bantuan dari Amerika Serikat, yang saat itu sedang terlibat perang dingin melawan Uni Soviet dan negara-negara komunis.

Bantuan dari Amerika Serikat diberikan melalui CIA pada 1958, dimulai dengan memberi bantuan terselubung untuk PRRI dan Permesta.

Dukungan CIA terhadap pemberontak Permesta datang dengan 15 pesawat pengebom B-26 dan beberapa pesawat tempur P-51 Mustang.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.