Revolusi Komunis China: Latar Belakang, Kronologi, dan Dampak

Kompas.com - 15/07/2021, 15:00 WIB
Tentara Pembebasan Rakyat menduduki Istana Kepresidenan di Nanjing pada April 1949, saat terjadinya Revolusi Komunis China. Wikimedia CommonsTentara Pembebasan Rakyat menduduki Istana Kepresidenan di Nanjing pada April 1949, saat terjadinya Revolusi Komunis China.

KOMPAS.com - Negara China pernah mengalami dua revolusi besar, yaitu revolusi pertama pada 1911 dan revolusi kedua pada 1949.

Revolusi kedua atau Revolusi Komunis China inilah yang mengubah China dalam konteks berbudaya sekaligus karakter sosial-politik hingga dikenal sebagai momen Perang Pembebasan.

Revolusi Komunis China dipimpin oleh Mao Zedong, ketua dari Partai Komunis China (PKC).

Gerakan ini dimulai pada 1946, setelah Perang China-Jepang Kedua (1937-1945), dan merupakan bagian kedua dari Perang Saudara China (1946-1949).

Hasilnya, pada 1 Oktober 1949, Mao Zedong memproklamasikan pendirian Republik Rakyat China (RRC).

Latar belakang Revolusi Komunis China

Revolusi China 1911 atau Revolusi Xinhai berhasil mengakhiri kekuasaan Dinasti Qing yang merupakan sebuah pemerintahan feodal penganut sistem monarki.

Hasil dari revolusi ini adalah China resmi menjadi sebuah negara republik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan tetapi, Mao Zedong dan Partai Komunis China (PKC) menganggap pemerintah Republik China terlalu berpihak pada kaum bangsawan, bukan petani.

Tiga puluh tahun setelah Revolusi Xinhai, Republik China tidak segera mengalami kemajuan.

Seiring menguatnya PKC yang dibentuk pada 1921, terjadilah persaingan dua kubu yang membagi China menjadi dua kekuatan besar, yaitu kekuatan komunis di bawah pimpinan Mao Zedong dan Partai Nasionalis China (PNC) atau Kuomintang di bawah pimpinan Chiang Kai Shek.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.