Negara Indonesia Timur (RIS)

Kompas.com - 16/06/2021, 20:00 WIB
Negara Indonesia Timur WikipediaNegara Indonesia Timur

KOMPAS.com - Negara Indonesia Timur (NIT) adalah negara bagian pasca Perang Dunia II yang dibentuk di Hindia Belanda bagian Timur oleh Belanda.

NIT didirikan pada 1946 dan menjadi bagian dari Republik Indonesia Serikat pada 1949, akhir Revolusi Nasional Indonesia. 

Kota-kota yang menjadi bagian dari NIT adalah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. 

Baca juga: Sejarah Museum Fatahillah

Sejarah

Pada 1938, Belanda mendirikan wilayah Timur Raya. 

Empat tahun setelahnya, Jepang pun datang, pada 1942. Daerah ini kemudian ditempatkan di bawah kendali Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. 

Mulai mendekati proklamasi kemerdekaan, kaum Republiken Indonesia pun berusaha berjuang untuk mengamankan kemerdekaan Indonesia dari kendali kolonial Belanda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, administrator yang didukung oleh pasukan Australia tiba di daerah yang sebelumnya sudah lebih dulu dikuasai oleh Angkatan Laut Jepang.

Mereka mencegah berdirinya pemerintahan Republiken. 

Pada 16-25 Juli 1946, Belanda menyelenggarakan konferensi di Kota Malino, Sulawesi, sebagai upaya untuk mengatur solusi federal untuk Indonesia.

Konferensi Malino ini menghasilkan rencana untuk sebuah negara di Kalimantan dan Indonesia Timur, wilayah yang dikendalikan Belanda.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X