Sejarah ASEAN

Kompas.com - 12/05/2021, 16:21 WIB
Lambang Asean.
WikipediaLambang Asean.

KOMPAS.com - ASEAN merupakan sebuah organisasi yang diikuti oleh sepuluh negara, yaitu Indonesia, Filipina, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam, Laos, Malaysia, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja. 

ASEAN sendiri terbentuk pada 8 Agustus 1967.

Mulanya ASEAN ini hanya diikuti oleh lima negara saja, namun sekarang ASEAN sudah menjadi organisasi regional yang sukses sehingga menarik perhatian dari negara-negara lain. 

Lima negara tersebut juga disebut sebagai pendiri ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand melalui penandatangan Deklarasi Bangkok. 

Baca juga: ASEAN: Tokoh, Prinsip, dan Anggota

Awal Mula

Setelah Perang Dunia II berakhir, struktur internasional telah mengalami perubahan.

Di mana strukturnya didominasi oleh negara adidaya dengan sistem yang disebut bipolar. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perubahan struktural ini merupakan hasil dari persaingan kekuasaan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. 

Persaingan kekuasaan ini membentuk pakta ideologi, North Atlantic Treaty Organization (NATO), dan Perjanjian Persahabatan Warsawa, Kerjasama dan Saling Membantu (WARSAW).

Strategi dan persaingan adidaya ini kemudian mempengaruhi negara-negara Asia Tenggara. 

Pada 1950-an sampai 1960-an sejumlah besar negara di Asia Tenggara baru saja lahir setelah mencapai kemerdekaan dari penjajah. 

Halaman:


Sumber Kompas.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X