Raja Cheoljong: Sejarah, Masa Pemerintahan, dan Kisah Tragis

Kompas.com - 06/05/2021, 15:31 WIB
Raja Cheoljong, raja ke-25 dari Dinasti Joseon Korea yang memerintah antara tahun 1849-1863. Wikimedia CommonsRaja Cheoljong, raja ke-25 dari Dinasti Joseon Korea yang memerintah antara tahun 1849-1863.

KOMPAS.com - Raja Cheoljong adalah raja ke-25 dari Dinasti Joseon Korea yang memerintah antara tahun 1849-1863.

Raja Cheoljong hanyalah kerabat jauh dari Raja Heonjong (Raja Joseon ke-24), yang tidak berpendidikan dan bekerja sebagai petani di Pulau Ganghwa yang jauh dari istana.

Pada pertengahan abad ke-19, Raja Cheoljong yang buta huruf sengaja diangkat menjadi raja supaya bisa dimanfaatkan oleh Wangsa Andong Kim yang haus kekuasaan.

Sejak saat itu, garis keturunan bangsawan mulai memburuk dan kepentingan negara diabaikan.

Keluarga istana saling berselisih karena hanya peduli dengan kepentingan mereka pribadi untuk mengendalikan singgasana dari belakang raja.

Pemerintahan Raja Cheoljong menjadi awal dari kemunduruan Dinasti Joseon.

Meskipun penggantinya, Kaisar Gojong, berusaha melakukan yang terbaik, pada akhirnya dipaksa turun takhta oleh Jepang yang mengambil alih pemerintahan Korea.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sultan Ageng Tirtayasa: Asal-usul, Peran, dan Perjuangan

Asal-usul Raja Cheoljong

Sebelum menjadi raja, nama asli Raja Cheoljong adalah Yi Won Beom.

Yi Won Beom lahir pada 25 Juli 1831. Ia adalah putra ketiga dari Yi Gwang, Pangeran Jeonggye-gun yang wafat pada 14 Desember 1841, dan selir pertamanya yang bernama Yongseong.

Hal ini menjadikan Yi Won Beom sebagai cucu keponakan Raja Jeongjo (raja ke-22 Joseon) dan cicit Raja Yeongjo (raja ke-21 Joseon).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X