Jong Sumatranen Bond: Latar Belakang, Pertentangan, dan Tokoh

Kompas.com - 04/05/2021, 18:32 WIB
Jong Sumatranen Bond WikipediaJong Sumatranen Bond

KOMPAS.com - Jong Sumatranen Bond merupakan organisasi yang didirikan oleh pemuda Sumatera di Jakarta pada 2 Desember 1917 di Gedung STOVIA. 

Tujuan dari Jong Sumatranen Bond ini adalah untuk memperkokoh hubungan ikatan di antara murid-murid yang berasal dari Sumatera. 

Mereka menanam keyakinan bahwa kelak mereka akan menjadi pemimpin, dan juga ikut membangun perhatian dan mempelajari kebudayaan Sumatera. 

Baca juga: PKI: Asal-usul, Pemilu, Pemberontakan, Tokoh, dan Pembubaran

Latar Belakang 

Jong Sumatranen Bond (JSB) didirikan oleh para pemuda Sumatera yang bertujuan untuk menanamkan kepedulian terhadap kebudayaan Sumatera dan memperkokoh hubungan murid Sumatera.

Organisasi ini muncul sebagai bentuk kesadaran diri kalangan para pelajar Jakarta yang berasal dari Sumatera akan pentingnya organisasi. 

Keinginan untuk membentuk organisasi sendiri ini muncul setelah adanya Jong Java, sehingga mereka tergerak untuk mendirikan organisasi pemuda Sumatera. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sejarah Perumusan Pancasila: Pembentukan BPUPKI

Pertentangan

Awal mula JSB dibentuk, organisasi ini banyak diragukan, salah satunya oleh redaktur surat kabar Tjaja Sumatra, Said Ali.

Ia mengatakan bahwa Sumatra masih belum matang untuk sebuah politik dan umum. 

Namun, kritik tersebut tidak dihiraukan oleh para pemuda Sumatera. Mereka tetap mendirikan perkumpulan mereka sendiri, JSB. 

Selain Said Ali, para kaum tua di Minangkabau juga menentang pergerakan JSB ini, mereka menganggap gerakan JSB akan menjadi ancaman bagi adat Minang. 

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X