Konflik Timur Tengah: Perang Irak dan Iran

Kompas.com - 02/05/2021, 12:21 WIB

KOMPAS.com - Pada tahun 1980, telah terjadi sebuah peperangan antara negara Irak dan Iran yang kemudian menjadi Konflik Timur Tengah.

Perang ini berlangsung cukup lama, delapan tahun, sampai 1988. 

Baca juga: Indische Partij: Pendiri, Latar Belakang, Program Kerja, dan Penolakan

Latar Belakang

Peperangan ini bermula ketika pasukan Irak menerobos perbatasan Iran pada 22 September 1980 akibat masalah perbatasan yang tak kunjung usai.

Masalah ini terjadi antara kedua negara dan juga kekhawatiran Saddam Hussein, Presiden Irak, atas perlawanan Syiah yang dibawa oleh Imam Khomeini dalam Revolusi Iran. 

Beberapa faktor lain yang juga memicu terjadinya peperangan antara Irak dan Iran adalah sebagai berikut:

  • Adanya keinginan Irak dan Iran menguasai Sungai Shatt Al Arab. Sungai ini adalah jalur perairan strategis yang memisahkan Irak-Iran menuju Teluk Persia, wilayah ini merupakan jalur ekspor minyak sehingga menjadi wilayah sengketa. 
  • Adanya keinginan Irak dan Iran menjadi penguasa kawasan Teluk, hal ini telah diberlakukan sejak Inggris mengakhiri keterlibatan militernya di kawasan Teluk pada 1971. 
  • Melemahnya kekuatan Iran paska revolusi tahun 1979. Saddam Hussein yakin bahwa keadaan Irak sedang tidak stabil setelah Revolusi Iran. 

Baca juga: Pemberontakan PKI Madiun 1948

Peperangan

Awal mula terjadinya perang antara Irak dan Iran ini yaitu pada April 1980. 

Waktu itu, sedang berlangsung acara Konferensi Ekonomi Internasional yang diselenggarakan oleh persatuan mahasiswa Asia di Irak. 

Di tengah acara, tiba-tiba sebuah bom meledak. 

Oleh sebab itu, Irak kemudian menganggap bahwa Iran sedang mengibarkan bendera perang.

Lima bulan setelahnya, tepatnya pada 4 September 1980, Iran tiba-tiba saja menyerang beberapa wilayah di Irak, seperti desa Khanaqin, Muzayriah, Zurbatiyah, dan lainnya. 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Britannica
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.