Raja-Raja Kerajaan Mataram Kuno

Kompas.com - 01/05/2021, 16:59 WIB
Candi Prambanan, salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno Wikimedia CommonsCandi Prambanan, salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

KOMPAS.com - Kerajaan Mataram Kuno mempunyai nama lain Kerajaan Mataram Hindu atau Kerajaan Medang.

Kerajaan bercorak Hindu-Buddha ini berdiri di Jawa Tengah bagian selatan pada abad ke-8, kemudian pindah ke Jawa Timur pada abad ke-10.

Di Jawa Tengah, kerajaan yang didirikan oleh Raja Sanjaya ini diperkirakan terletak di Bhumi Mataram (sebutan lama untuk Yogyakarta).

Pusat kerajaan ini sempat beberapa kali dipindah, hingga sampai ke Jawa Timur.

Wilayahnya sangat subur sehingga masyarakatnya hidup makmur dengan mengandalkan pertanian.

Keberhasilan kerajaan Mataram Kuno hingga disebut sebagai lumbung padi Pulau Jawa tidak luput dari peran rajanya.

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno dapat diketahui dari prasasti Canggal, Prasasti Kalasan, Prasasti Balitung, Prasasti Klurak, Candi Gedong Songo, Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Plaosan, Candi Prambanan, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Kerajaan Mataram Islam

Dinasti yang memerintah Kerajaan Mataram Kuno

Terdapat tiga dinasti yang memerintah Kerajaan Mataram Kuno, yaitu Dinasti Sanjaya dan Dinasti Syailendra (di Jawa Tengah), dan Dinasti Isyana (di Jawa Timur).

Dinasti-dinasti ini mempunyai perbedaan yang sangat mencolok, yaitu Dinasti Sanjaya bercorak Hindu, sedangkan Dinasti Syailendra bercorak Buddha.

Dinasti Sanjaya

Kekuasaan Kerajaan Mataram Kuno pertama kali dipegang oleh Raja Sanjaya yang bergelar Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya dibuktikan dengan Prasasti Canggal dan Carita Parahyangan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.