Wahidin Soedirohoesodo, Penggagas Budi Utomo

Kompas.com - 22/04/2021, 14:47 WIB
Para pendiri organisasi Budi Utomo. KEMDIKBUDPara pendiri organisasi Budi Utomo.

KOMPAS.com – Wahidin Soedirohoesodo merupakan seorang pahlawan nasional yang berperan penting dalam masa pergerakan nasional.

Gagasan membentuk organisasi Budi Utomo lahir dari pemikiran seorang tokoh yang bernama Wahidin Soedirohoesodo.

Organisasi Budi Utomo adalah organisasi pemuda yang didirikan pada 20 Mei 1908 oleh Dr. Soetomo dan para mahasiswa STOVIA.

Baca juga: Kabinet Reformasi Pembangunan: Penetapan, Susunan, dan Program Kerja

Pendidikan

Wahidin Soedirohoesodo lahir di Desa Mlati, Sleman, Yogyakarta pada 7 Januari 1852.

Beliau sempat duduk di bangku sekolah dasar bernama angka loro. Sekolah yang didirikan oleh pemerintah kolonial (penjajah) untuk memberantas buta huruf.

Wahidin merupakan murid terpandai di kelasnya, sehingga pada 1864, usia 12 tahun, beliau masuk ke Sekolah Rakjat Rendah Eropa (Eurepeesche Lagere School-ELS).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian ia melanjutkan kembali sekolahnya di Tweede Europese Lagere School atau Sekolah Dasar Eropa Kedua.

Meskipun ia merupakan salah satu murid golongan priyayi rendah, Wahidin tidak rendah diri, ia bahkan lulus dengan mendapat predikat uitmuntend artinya terbaik.

Berkat kepandaiannya di bidang akademik, Wahidin pun melanjutkan sekolahnya di perguruan tinggi Batavia, Sekolah Dokter Jawa yang kemudian disebut School Tot Opeleiding Voor Inlandse Arsten (STOVIA).

Baca juga: Prasasti Yupa: Fungsi dan Isinya

Pelopor gerakan pendidikan

Setelah beliau lulus dari STOVIA, ia sukses menjadi seorang dokter hebat yang mendedikasikan dirinya untuk mengembangkan dunia pendidikan anak bangsa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Kemdikbud
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X