Hieroglif Mesir: Sejarah, Sistem Penulisan, dan Jenisnya

Kompas.com - 19/04/2021, 16:46 WIB
Hieroglif Mesir Kuno Encyclopædia BritannicaHieroglif Mesir Kuno

KOMPAS.com - Tulisan yang membuka tabir sejarah Mesir Kuno sekaligus merupakan tulisan bangsa Mesir Kuno adalah hieroglif.

Hieroglif adalah aksara Mesir Kuno yang terdiri dari kombinasi elemen logograf dan alfabet.

Karakter tersebut terdiri atas gambar dalam bentuk manusia, hewan, atau benda, dan lambang tulisan (menyerupai gambar paku) yang bersifat rahasia atau sulit dipahami maknanya.

Ada juga sejenis hieroglif yang lebih sederhana atau hieroglif kursif, yang digunakan untuk menulis literatur keagamaan pada papirus (sejenis kertas di Mesir Kuno).

Kedua jenis hieroglif tersebut dipakai hingga sekitar tahun 400 masehi.

Hieroglif berasal dari bahasa Yunani, hieros yang artinya suci dan glufe berarti ukiran. Secara etimologis, hieroglif bisa diartikan sebagai ukiran suci.

Sedangkan Bangsa Mesir menyebutnya "aksara dewa", merujuk pada asal-usul tulisan hieroglif yang dipercaya berasal dari para dewa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Peradaban Mesir Kuno: Periodisasi dan Sistem Pemerintahan

Sejarah hieroglif Mesir

Hieroglif Mesir merupakan salah satu sistem penulisan tertua yang diduga berkembang sejak sebelum kesusastraan tradisi artistik Mesir.

Hal ini dibuktikan dengan temuan simbol pada tembikar Gerzean dari tahun 4000 SM yang menyerupai penulisan hieroglif.

Sementara penggunaan tulisan hieroglif muncul dari sistem simbol di awal Zaman Perunggu, sekitar abad ke-32 SM, pada prasasti Narmer Palette yang ditemukan pada 1890-an.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X