Empat Belas Pasal Wilson: Latar Belakang, Isi, dan Dampak

Kompas.com - 05/04/2021, 16:18 WIB
Woodrow Wilson Institusi Encyclopedia Britannica Woodrow Wilson

KOMPAS.com - Empat belas pasal Wilson adalah sebuah pasal yang diciptakan oleh Presiden Amerika Serikat ke-28, Woodrow Wilson.

Sebelumnya, pada 1910, Wilson sudah terlebih dulu terpilih sebagai Gubernur New Jersey dan akhirnya pada 1912 ia menjadi calon presiden dari Partai Demokrat.

Wilson mengajukan sebuah program bernama Kebebasan Barn yang menekankan tentang individualisme, hak-hak negara bagian, persamaan kesempatan bagi semua orang, dan besar kecil. 

Woodrow Wilson menjabat sebagai presiden Amerika Serikat selama dua periode, pada 1913 sampai 1921. Selama masa jabatannya, Presiden Woodrow Wilson memiliki tekad bulat untuk selalu menjalin hubungan baik serta damai dengan negara-negara lain. 

Latar Belakang 

Pada masa Perang Dunia Pertama, 1914, Menteri Luar Negeri Jerman, Arthur Zimmermann, mengirimkan pesan kepada duta besar Jerman untuk Meksiko, Von Eckhardt melalui sebuah telegram.

Isi dari pesan tersebut adalah tawaran dari Jerman untuk mengikat aliansi bersama Meksiko dengan syarat Meksiko membantu Jerman dalam menyerang Amerika Serikat terlebih dahulu dari Front Meksiko.

Jika Amerika Serikat menyatakan negara mereka berperang dengan Jerman, maka Meksiko akan memperoleh wilayah Amerika Serikat. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia I

Pesan telegram yang dikenal sebagai Zimmermann Telegram tersebut pun sampai ke telinga Woodrow Wilson dan membakar emosinya. Presiden Woodrow Wilson dengan mantap menyatakan perang dengan Jerman dan bergabung dalam kampanye Perang Dunia Pertama. 

Jerman menyerang kapal selam dan menenggelamkan kapal-kapal tersebut yang di dalamnya terdapat warga Amerika Serikat. 

Setelah berperang selama empat tahun, 1914-1918, Jerman mulai mengalami kekalahan. Ia kehilangan sebagian besar dari pasukannya sehingga menghambat laju perang yang dilakukan oleh negara tersebut. Tentara Jerman memutuskan menyerah. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.