Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siapa Suku Asli di Indonesia?

Tercatat, saat ini ada lebih dari 300 suku yang mendiami wilayah Indonesia. Kendati demikian, pada awalnya hanya beberapa suku saja yang ada di Indonesia.

Lantas, siapakah suku asli di Indonesia?

Siapa suku asli di Indonesia?

Dari banyaknya suku yang ada di Indonesia saat ini, rupanya belum diketahui secara pasti bahwa ada orang indonesia asli.

Menurut salah satu pakar, orang pribumi adalah orang yang menghuni sebuah kawasan sejak lama, sementara penduduk yang tinggal di Indonesia banyak yang dulunya bermigrasi dari daerah lain.

Dengan demikian, tidak dapat dikatakan secara pasti bahwa orang pribumi merupakan darah asli orang Indonesia.

Migrasi bangsa Afrika

Bangsa tertua yang lebih dulu datang dan menghuni Nusantara adalah Homo Erectus, yang melakukan migrasi panjang dari Afrika sekitar 1,8 juta tahun lalu.

Manusia pendatang ini terbagi menjadi dua golongan, yakni Melanesia dan Austronesia.

Orang Melanesia datang ke Nusantara sejak 50.000 tahun lalu, sedangkan migrasi kedua datang sekitar 16.000-35.000 tahun lalu dari Indochina.

Setelah itu, datang orang Austronesia pada sekitar 4.000 tahun lalu, yang kemudian semakin berkembang dan menjadi berbagai suku yang ada di Indonesia.

Migrasi Arab, India dan Tionghoa

Sejak awal Masehi, masyarakat Indonesia membangun hubungan kerja sama dengan India lewat perdagangan logam serta rempah-rempah.

Dari sinilah kebudayaan Hindu-Buddha mulai masuk ke Nusantara. Setelah itu, Indonesia lanjut menjalin hubungan dengan dinasti-dinasti di Tiongkok pada 907, di mana seorang Bhikku bernama I-Tsing berkelana lewat laut ke Nusantara dan India.

Menurut catatan sejarah, di tengah perjalanan I-Tsing menemukan sekelompok orang Tionghoa di Tuban, Gresik, Jepara, Lasem dan Banten.

Selanjutnya pada abad ke-15, Nusantara kedatangan Laksamana Cheng Ho di Sambas dan Palembang, yang kemudian membangun peradaban Islam di setiap tempat yang ia datangi.

Setelah bangsa India dan Tionghoa, disusul kemudian oleh bangsa Arab yang juga menjalin hubungan kerja sama perdagangan dengan Indonesia.

Dari sejarah mengenai kedatangan suku-suku tersebut ke wilayah Nusantara, belum bisa dipastikan siapa suku asli di Indonesia.

Bahkan, dari sejumlah penelitian yang dilakukan oleh Eijkman Institute, hasilnya menemukan bahwa tidak ada orang asli Indonesia.

Semua suku, bahkan orang pertama yang ada di Indonesia adalah bangsa pendatang yang bermigrasi sejak ribuan tahun lalu.

Nenek moyang orang Indonesia dan manusia di seluruh dunia berasal dari Afrika.

Kendati begitu, ada suku-suku tertua yang tercatat sudah lebih dulu ada di Indonesia, sebagai berikut.

  • Suku Wajak (500 ribu -1 juta tahun lalu)
  • Suku Kerinci (10.000 tahun lalu)
  • Suku Gayo (2000 SM)
  • Suku Mentawai (500 SM)
  • Suku Dani
  • Suku Jawa (2000-450 SM)
  • Suku Melayu (1500-500 SM)
  • Suku Dayak
  • Suku Tomuna (50.000 tahun lalu)

https://www.kompas.com/stori/read/2022/05/19/080000179/siapa-suku-asli-di-indonesia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke