Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizki Juniansyah Juara IWF World Cup 2024, Rekor Dunia, Raih Tiket Olimpiade Paris

Kompas.com - 05/04/2024, 05:00 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Atlet angkat besi, Rizki Juniansyah, mengamankan tiket ke Olimpiade 2024 usai menjuarai IWF World Cup 2024 di Thailand.

Rizki Juniansyah bertanding di kelas putra 73 kg IWF World Cup alias Piala Dunia Angkat Besi dan mengalahkan atlet China, Shi Zhiyong, Kamis (4/4/2024) di Phuket, Thailand.

Gelar juara dipastikan Rizki Juniansyah usai mencatat total angkatan 365 kg. Di sisi lain, total angkatan Shi Zhiyong adalah 356 kg.

Rizki Juniansyah juga berhasil mengalahkan rekan senegaranya, Rahmat Erwin Abdullah yang berada di tempat ketiga dengan total angkatan 355 kg.

"Memang kalau dilihat secara atletnya kita sudah ada empat yang lolos kualifikasi kebetulan di dua nomor yang sama. Jadi karena peraturan Olimpiade yang baru untuk nomor yang sama kita hanya bisa mengirimkan satu atlet," ujar Ketua Umum PABSI, Rosan Roeslani, dilansir dari Antara.

Baca juga: Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024, Syarat Fikri/Bagas Lolos Olimpiade Paris

Seperti diketahui, regulasi Olimpiade terbaru hanya memperbolehkan sebuah negara mengirimkan satu wakil dalam satu nomor lomba angkat besi.

Karena itu, Rizki Juniansyah dipastikan bakal mewakili Indonesia di Olimpiade 2024 untuk nomor 73 kg. 

"Tapi masih ada atlet-atlet (di nomor) lain yang berpotensi yang bisa bertanding di Olimpiade harapannya kita bisa berprestasi secara maksimal di Kualifikasi ini," tutur Rosan Roeslani menambahkan.

Dalam tiga kali kesempatan, Rizki berhasil mengangkat berat 192 kg pada angkatan pertama clean and jerk.

Dia membuat rekor pribadinya pada angkatan kedua dengan beban 201 kg. Sedangkan, pada kesempatan ketiga, dengan berat 203 kg, Rizki tidak berhasil melakukan angkatan.

Kendati demikian, angkatan kedua seberat 201 kg tadi sudah cukup bagi Rizki untuk memastikan gelar juara IWF World Cup 2024, sekaligus tiket kelolosan ke Olimpiade.

Baca juga: Atlet Angkat Besi Putra Indonesia Eko Yuli Irawan Lolos Olimpiade Paris 2024

Atlet Indonesia yang masih berusia 20 tahun ini sukses memecahkan rekor dunia yang sebelumnya dipegang oleh Shi Zhiyong ketika memenangi medali emas Olimpiade Tokyo 2020. 

Total angkatan Rizki, yakni 365 Kg melewati catatan Shi Zhiyong mampu mengangkat 364 Kg pada Olimpiade Tokyo 2020 silam.

Baca juga: SEA Games 2023: Sepak Takraw Raih Emas, Eko Yuli Juara dan Pecahkan Rekor

Adapun IWF World Cup 2024 berlangsung dari 31 Maret hingga 11 April 2024 di Phuket, Thailand. Sebanyak 11 lifter Indonesia berpartisipasi pada ajang ini.

Pergelaran ini merupakan kesempatan terakhir para atlet angkat besi untuk merebut tiket Olimpiade Paris 2024.

Perjuangan Rizki untuk meraih juara kali ini jelas tidak mudah. Mengutip dari Kompas.id, ia sempat harus melakukan operasi usus buntu dan kemudian absen latihan 6 bulan.

Rizki berhasil bangkit setelah memecahkan rekor personal di Kejuaraan Asia pada Februari 2024. Saat itu, Rizki mencatat total angkatan 353 kg, yakni angkatan snatch seberat 158 kg dan 195 kg untuk angkatan clean and jerk.

Berkat kesuksesan di IWF World Cup 2024, Rizki berhak menemani rekan atlet angkat besi lainnya yang terlebih dahulu mendapatkan tiket ke Olimpiade, yakni Eko Yuli Irawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com