Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkit Usai Cedera Panjang, Manuel Neuer Yakin Bisa Kembali ke Level Top

Kompas.com - 08/02/2024, 16:30 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Manuel Neuer perlahan mulai bangkit usai absen panjang karena cedera. Kiper nomor satu Bayern Muenchen itu yakin bisa kembali mencapai level top.

Manuel Neuer menepi dari lapangan hijau sejak timnas Jerman meraih hasil buruk pada Piala Dunia 2022 di Qatar tahun lalu.

Usai Jerman tersingkir di fase grup Piala Dunia 2022, Neuer pergi bermain ski untuk melepas penat.

Namun, aksi Neuer bermain ski itu justru berakhir petaka karena ia mengalami cedera patah kaki.

Neuer pun harus absen membela Bayern Muenchen pada paruh kedua musim lalu dan awal musim ini.

Baca juga: Manuel Neuer Perpanjang Kontrak bersama Bayern hingga Juni 2024

Penjaga gawang berusia 37 tahun itu melakukan comeback saat Bayern menggulung Darmstadt 8-0 pada laga pekan ke-9 Bundesliga, akhir Oktober 2023.

Sejak saat itu, Neuer kembali menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Bayern.

Kembali merumput setelah absen hampir setahun, Neuer pun merasa sangat senang.

"Saya sangat senang dengan bagaimana semuanya berjalan. Tentu saja, saya sangat berterima kasih kepada orang-orang yang telah bersama saya selama ini dan yang telah mendukung saya di masa-masa sulit."

"Saya menantikan masa depan, dan segala sesuatu yang akan terjadi," kata Neuer dikutip dari siaran pers Bundesliga yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Bayern Enggan Lepas Neuer seperti Man United Depak Ronaldo

Neuer mengungkapkan, selain dokter dan tim medis, keluarga serta rekan-rekan setim merupakan faktor penting di balik keberhasilannya melalui periode sulit.

"Pertama-tama, keluarga dan teman-teman, orang-orang yang dekat dengan saya, kemudian departemen medis dan para dokter pasti membantu saya selama waktu itu."

"Sulit untuk memilih satu orang, karena itu selalu seluruh tim, para dokter dari sini dan juga dokter dari luar, ahli bedah, misalnya, semua orang menyumbangkan sesuatu untuk memastikan saya bisa bermain lagi, dan tampil lagi," ucap Neuer.

Kiper utama Bayern Muenchen, Manuel Neue (tengah), memberi isyarat kepada para suporter usai laga kontra Liverpool pada babak 16 besar Liga Champions, 19 Februari 2019. Terkini, Neuer mengalami cedera patah tulang dan harus absen hingga akhir musim 2022-2023.AFP/CHRISTOF STACHE Kiper utama Bayern Muenchen, Manuel Neue (tengah), memberi isyarat kepada para suporter usai laga kontra Liverpool pada babak 16 besar Liga Champions, 19 Februari 2019. Terkini, Neuer mengalami cedera patah tulang dan harus absen hingga akhir musim 2022-2023.

Musim ini, Neuer telah membukukan 16 penampilan dengan 12 di antaranya ia catatkan di kompetisi teratas Liga Jerman, Bundesliga.

Dari 12 penampilan di Bundesliga, Neuer kebobolan 12 kali dan sukses mengukir clean sheets enam kali.

Dengan motivasi besar yang masih ia miliki, Neuer yakin bisa kembali mencapai level tertinggi dalam permainannya.

"Suara-suara di luar sana tidak akan pernah lebih besar dari standar yang saya miliki."

"Saya adalah orang yang selalu mendorong diri saya sendiri untuk mencapai level itu lagi," ucap Neuer menegaskan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com