Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asian Games 2022: Harris Horatius Sabet Emas untuk Indonesia, Sukses Penuhi Target

Kompas.com - 26/09/2023, 18:03 WIB
Muhammad Reza Triatmodjo,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia kembali menorehkan catatan membanggakan pada Asian Games 2022. Medali emas ketiga Indonesia disumbangkan oleh atlet wushu, Harris Horatius.

Harris Horatius beraksi di XSG Sports Centre pada Selasa (26/9/2023) dan mengamankan emas nomor men's nanquan & nangun all-round.

Harris Horatius langsung tampil gemilang di nomor Nanquan. Ia berhasil mencapai 9.756 poin.

Perolehan Harris berhasil mengalahkan wakil Korea Selatan, Lee Yong-mun, yang meraih 9.736 poin dari para juri, serta Chi Lung Lau dari Hongkong dengan skor 9.730.

Prestasi cemerlang Harris tak berhenti di situ. Pada nomor Nangun, dia sekali lagi menunjukkan keunggulannya dengan mencatatkan skor tertinggi sebesar 9.750 poin.

Secara total, Harris mengumpulkan 19.506 poin dan berhak atas emas.

Wakil Korea Selatan, Lee Yong-mun, meraih perak berkat raihan total 19.472 poin. Sementara, Junhua Huang (Makau) memastikan medali perunggu dengan total 19.463 poin.

Baca juga: Klasemen Medali Asian Games 2023: Indonesia 3 Emas, Naik ke Peringkat 6

Prestasi Harris Horatio ini memastikan raihan medali emas ketiga bagi kontingen Indonesia pada  Asian Games 2022 ini.

Di sisi lain, ini adalah medali emas pertama bagi Harris di Asian Games. Lompatan prestasi yang nyata bagi Harris Horatius.

Sebelumnya, pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang silam, Harris menduduki peringkat kesembilan dalam nomor men’s nanquan dan nangun all-around.

“Alhamdulillah bersyukur atas dukungan dari semua pihak. Akhirnya, medali emas bisa kita raih dari cabang Wushu," ujar Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Wushu Indonesia, Ngatino

"Harris memang menjadi atlet yang kita targetkan untuk meraih emas," ucapnya, dalam rilis NOC Indonesia yang diterima KOMPAS.com.

Baca juga: Asian Games 2022: Indonesia Raih Emas Kedua, Persembahan Muhammad Sejahtera

Seiring prestasi Harris Horatius ini, Indonesia total telah meraih 3 medali emas, 1 perak, dan 5 perunggu Asian Games 2022 sampai Selasa (26/9/2023) petang. Dua emas lain datang dari atlet menembak, Muhammad Sejahtera Dwi Putra.

Cabor wushu disebut masih memiliki peluang untuk menambah perolehan medali dari beberapa nomor lain.

“Masih ada dua atlet kita dari nomor taolu yang akan bertanding. Dan dari nomor sanda, ada peluang juga. Kami semua mengharapkan agar atlet-atlet kami dapat memberikan yang terbaik," tutur Ngatino.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com