Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Piala Dunia Basket 2023, Trofi FIBA World Cup Singgah di Bali

Kompas.com - 31/07/2023, 18:26 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Euforia FIBA World Cup atau Piala Dunia Basket 2023 tidak hanya terasa di Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggara, tetapi juga di berbagai kota di Indonesia melalui tur trofi. 

Bali menjadi tempat singgah trophy tour FIBA World Cup 2023. Piala tersebut berada di Tanah Dewata mulai 31 Juli-1 Agustus 2023.

Trofi FIBA World Cup 2023 akan berlabuh di beberapa destinasi wisata di Bali, mulai dari Tanah Lot, Museum Bali, Monumen Perjuangan, Beachwal Shopping Center, Pantai Sanur, Pantai Pandawa, dan Pantai Jerman.

Pemilihan Bali sebagai kota pertama kedatangan trofi FIBA World Cup 2023 bukan tanpa alasan.

Baca juga: FIBA World Cup 2023, Jaminan Keamanan untuk Bintang Basket Dunia

Ketua Umum Perbasi, Danny Kosasih, mengatakanm, banyak putra daerah Bali yang menjadi legenda basket Indonesia. 

Pria yang akrab disapa Susu itu pun berharap akan muncul pemain tim nasional basket Indonesia dari Bali. 

"Banyak anak Bali yang menjadi legenda basket Indonesia. Itu menjadi alasan kenapa FIBA menempatkan trofinya di Bali," ujar Danny Kosasih. 

"Harapannya ke depan juga ada kembali pemain tim nasional dari Bali dan mendapat prestasi setinggi-tingginya," ucap Danny.

Baca juga: Tes Venue Jelang FIBA World Cup 2023: Indonesia Lawan UEA dan Suriah

Bali memang memiliki segudang pemain berbakat pada masanya, seperti Cokorda Raka Wibawa, I Made Sudiadnyana, hingga Ponsianus Nyoman Indrawan yang masih aktif sebagai pemain.

Setelah Bali, trofi FIBA World Cup akan kembali berkeliling ke berbagai kota di Indonesia. Destinasi terdekat adalah Surabaya.

Piala Dunia Basket 2023 bakal berlangsung di tiga negara, yakni Filipina, Indonesia, dan Jepang pada 25 Agustus-10 September. 

Indonesia menjadi tuan rumah babak penyisihan Grup G dan Grup H yang dijadwalkan digelar pada 25 Agustus-3 September 2023. 

Grup G dihuni oleh Spanyol selaku juara bertahan FIBA World Cup, Brasil, Iran, dan Pantai Gading. Sementara itu, Grup H diisi Perancis, Kanada, Latvia, dan Lebanon. 

Adapun final round termasuk perempat final, semifinal, hingga partai puncak berlangsung di Mall of Arena, Filipina, pada 5-10 September 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com