Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenpora Gandeng GSIC, Tekad Kembangkan "Sports Science" di Indonesia

Kompas.com - 12/06/2023, 16:30 WIB
Frengky Tanto Wijaya,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) telah meneken nota kesepahaman (MoU) kerja sama dengan Global Sports Innovation Center (GSIC).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Surono, dengan General Manager GSIC, Iris Cordoba di Media Center Gedung Kemenpora, Jakarta pada Senin (12/6/2023) pagi.

Dari kerja sama ini, Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, berharap agar dapat membawa prestasi olahraga Indonesia melesat menuju pentas dunia dengan dukungan dari GSIC.

"Hari ini, Alhamdulillah kita telah menjalin kerjasama perdana internasional antara Kemenpora dengan GSIC yang dimiliki oleh Microsoft," ucap Dito dalam keterangan resmi yang diterima oleh Kompas.com.

Baca juga: DPR Setujui Pagu Indikatif Kemenpora, Dito Ariotedjo Sampaikan Terima Kasih

"Jadi, mereka datang langsung dari pusatnya Microsoft untuk pengembangan sports industry dan sports science di Indonesia yang berbasis dengan digital," katanya lagi.

Selain itu, Dito juga berharap agar cabang-cabang olahraga Indonesia dapat mendunia berkat kerja sama yang telah dibangun antara Kemenpora dengan GSIC.

"Kita berharap dengan keterlibatan sports science, maka cabor kita ini untuk target dunianya semakin tercapai, termasuk juga di sektor pengembangan sports industry," ujarnya.

"Indonesia memiliki wilayah yang luas dan juga memiliki SDM yang sangat banyak serta fasilitas olahraganya juga banyak, maka ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan sports industry dan juga di sektor ekonominya," ucapnya menambahkan.

Baca juga: Indonesia Sukses Gelar Penataran Juri Wushu Internasional, Menpora Dito Apresiasi Komitmen Ketum PB WI

GSIC merupakan pusat inovasi pelopor dalam olahraga di Eropa yang berfokus secara eksklusif untuk membawa kemajuan teknologi terbaru ke semua bidang industri olahraga.

Adapun kerja sama kedua belah pihak ini bertujuan untuk membangun industri dan inovasi olahraga di Indonesia dengan berfokus pada bidang pendidikan, inovasi, dan transformasi.

Sementara itu, lingkup kerja sama yang disepakati terdiri atas pengembangan industri olahraga Indonesia via program pendidikan dan membuat sebuah experience centre untuk mendorong adopsi teknologi olahraga.

Selain itu, Kemenpora dan GISC juga melingkupi kerja sama untuk memfasilitasi dan mendukung pengembangan ekosistem serta digitalisasi olahraga Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com