Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Dayung Indonesia Bidik 2 Emas Asian Games 2023, PB PODSI Minta Tim Manajerial SEA Games Dipertahankan

Kompas.com - 22/05/2023, 15:30 WIB
Frengky Tanto Wijaya,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PB PODSI (Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) meminta NOC Indonesia untuk mempertahankan keberadaan tim manajerial SEA Games 2023 Kamboja untuk Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

Manajer Timnas Dayung Indonesia, Edy Suyono menyatakan bahwa keberhasilan dari Indonesia dalam meraih prestasi di SEA Games 2023 lalu bisa terjadi berkat peran dari Deputi 2 Chef de Mission (CdM) Indonesia Ibnu Riza Pradipto, Cluster Manager, Shianoukville Diana Sutrisno, dan Cluster Manager Kepp dan Kampot, Rafif Rizqullah.

"Kunci sukses meraih 3 emas dari nomor yang akan dipertandingkan pada Asian Games 2023 ini tidak terlepas dari dukungan dari Deputi 2 CdM dan juga Cluster Manager," ujar Edy dalam rilis pers yang diterima oleh Kompas.com pada Senin (22/5/2023) siang.

"Mereka selalu melekat dengan timnas dayung dan seluruh kebutuhan untuk penunjang atlet tampil maksimal terpenuhi. Saya boleh bilang mereka bekerja nothing to lose," katanya menyambung.

Baca juga: 8 Cabor SEA Games 2023 yang Dimenangi Indonesia, dari Bulu Tangkis hingga Angkat Besi

Dalam ajang SEA Games 2023, Timnas Dayung Indonesia berhasil menyumbangkan 3 medali emas, 1 perak, dan 4 perunggu dari delapan nomor yang dipertandingkan di Kamboja.

Adapun ketiga medali emas tersebut didapatkan dari nomor Traditional Boat Race (TBR). TBR merupakan salah nomor resmi yang akan dipertandingkan dalam Asian Games 2023 pada akhir September mendatang.

"Target kita memang 2 medali emas dari Traditional Boat Race di Asian Games 2023 Hangzhou," tutur Edy yang juga menjabat sebagai Sekjen PB PODSI tersebut.

"Dan, kita berharap Cluster Manager SEA Games 2023 Kamboja bisa mendampingi Timnas Dayung di Hangzhou nanti. Apalagi, kita sudah langsung memulai pemusatan latihan nasional (pelatnas) dan hanya meliburkan atlet sehari saja," ucap Edy menambahkan. 

Baca juga: Agus Prayogo Ceritakan SEA Games 2023: Cuaca Ekstrem Kamboja, Aksi Sportivitas, dan Emas

Sebagai salah satu Cluster Manager di SEA Games, Rafif mengakui bahwa bantuan akan kebutuhan atlet merupakan tugas yang sudah diberikan oleh Lexyndo Hakim dan Ibnu Riza Pradipto sebagai CdM (Chef de Mission) dan Deputi 2 CdM SEA Games 2023 Kamboja.

"Ya, kita memang men-support penuh seluruh kebutuhan atlet sehingga mereka bisa fokus dalam lomba. Itu sesuai dengan tugas yang diberikan Pak CdM Lexyndo Hakim dan Pak Deputi 2 CdM, Ibnu Riza Pradipto," ujar Rafif.

"Kami senang menjadi bagian dari kesuksesan Kontingen Indonesia yang menduduki peringkat ketiga dengan mengoleksi 87 emas melebihi target yang diinginkan Presiden Jokowi."

Ibnu turut mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak terkait atas kepercayaan dan support bagi pihak CdM dalam bersama-sama dengan atlet menggapai prestasi di SEA Games 2023 Kamboja lalu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora, Menpora Dito Ariotedjo, Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari dan jajarannya, CdM Lexyndo Hakim, dan seluruh Cluster Manager yang telah memberikan kepercayaan, support, dan berjuang bersama dalam mencapai prestasi dan melampaui target medali emas di SEA Games 2023 Kamboja," ucap Ibnu.

Asian Games 2022 akan berlangsung di Hangzhou, China, pada 23 September hingga 8 Oktober 2023 mendatang.

Asian Games 2022 seharusnya bergulir pada tahun lalu. Namun, karena kebijakan China terkait pembatasan pandemi Covid-19, maka Asian Games ditunda hingga September tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com