Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Usai Timnas Indonesia Raih Emas SEA Games 2023: Mental Pemenang, Mental Juara!

Kompas.com - 17/05/2023, 04:15 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji mental juara dan daya juang timnas U22 Indonesia usai berhasil meraih medali emas SEA Games 2023.

Timnas U22 Indonesia sukses menyabet medali emas sepak bola putra SEA Games 2023 Kamboja usai mengalahkan Thailand pada laga final, Selasa (16/5/2023).

Bertanding di Olympic Stadium, Phnom Penh, timnas U22 Indonesia besutan Indra Sjafri mampu menundukkan Thailand dengan skor 5-2.

Baca juga: Hasil Indonesia Vs Thailand: Menang 5-2, Garuda Sabet Emas SEA Games 2023!

Laga Indonesia vs Thailand pada final sepak bola SEA Games 2023 berlangsung dramatis.

Indonesia mampu unggul dua gol pada babak pertama. Ramadhan Sananta menjaringkan dua gol masing-masing pada menit ke-21 dan 45+5.

Thailand bisa memperkecil jarak lewat gol Anan Yodsangwal pada menit ke-65 lalu menyamakan skor berkat gol Yotsakorn Burapha pada menit terakhir masa injury time babak kedua.

Skuad Garuda Muda lantas mencetak tiga gol pada babak extra time masing-masing melalui aksi Irfan Jauhari (91'), Fajar Fathur Rahman (107'), dan Beckham Putra Nugraha (120').

Baca juga: Perjalanan Timnas Indonesia Raih Emas SEA Games 2023: Tak Terkalahkan, Penuh Drama, Garuda Juara!

Kemenangan atas Thailand yang membuat Indonesia meraih medali emas sepak bola putra SEA Games 2023 itu pun disambut gembira oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi yang menyaksikan laga Indonesia vs Thailand di Si Bolang Durian, Medan, Sumatera Utara, memuji mental juara dan semangat pantang menyerang yang ditunjukkan para pemain Garuda Muda.

"Yang saya sampaikan kemarin, mental pemenang, mental juara, itu memang kelihatan sekali ada," kata Jokowi dalam keterangan yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, seperti dilansir Antara.

Baca juga: Timnas Indonesia Sabet Emas SEA Games 2023, Akhir Penantian 32 Tahun

Sebelumnya pada Minggu (14/5/2023) lalu, Presiden Jokowi juga menyampaikan rasa senangnya karena timnas U22 Indonesia bisa menembus final SEA Games 2023.

"Saya juga senang karena bolanya masuk final dengan pertarungan dan semangat juang yang sangat mental pemenang," kata Jokowi.

Kemenangan pada partai final kali ini membuat Indonesia mengakhiri puasa medali emas sepak bola putra SEA Games selama 32 tahun.

Kali terakhir timnas Indonesia berjaya di SEA Games adalah pada edisi 1991 di Manila, Filipina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com