Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi Masuk 100 Orang Berpengaruh Dunia, Federer Beri Penghormatan

Kompas.com - 14/04/2023, 10:43 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bintang tenis peraih 20 Grand Slam, Roger Federer, memberikan penghormatan untuk pemain Paris Saint-Germain dan kapten timnas Argentina, Lionel Messi

TIME merilis daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia pada 2023, Kamis (13/4/2023), dan membaginya menjadi enam kategori.

Keenam kategori tersebut adalah artis, ikon, pionir, pemimpin, titans, dan inovator. Setiap orang yang masuk daftar tersebut mendapatkan pesan penghormatan dari rekan masing-masing. 

Lionel Messi masuk daftar 100 orang paling berpengaruh pada 2023 di kategori titans dan Roger Federer memberikan penghormatan untuknya. 

Baca juga: Ingin Main Bareng, Lewandowski Berharap Messi Kembali ke Barcelona

Roger Federer menyoroti konsistensi Lionel Messi yang masih mampu berprestasi pada usia 35 tahun. Ia menyebut permainan sang megabintang sepak bola seperti sebuah karya seni. 

"Rekor pencetak gol dan kemenangan-kemenangan Lionel Messi tidak perlu diceritakan di sini. Yang menonjol bagi saya tentang Messi, 35 (tahun), adalah kehebatannya yang konsisten selama bertahun-tahun," tulis Roger Federer di TIME. 

"Ini sangat sulit untuk dicapai dan kemudian dipertahankan. Dia menggiring bola seperti pesulap dan operan tajamnya adalah karya seni. Kesadaran dan antisipasinya hampir di luar pemahaman," ucap Federer. 

"Kemenangan Piala Dunia Argentina sangat luar biasa. Jutaan penggemar turun ke jalan Buenos Aires untuk merayakannya adalah momen luar biasa dalam olahraga, disaksikan di seluruh dunia," ujar dia. 

Baca juga: Menyiuli Lionel Messi Sama dengan Menghina Sepak Bola

"Bahkan, mereka yang tidak mengikuti sepak bola pasti menyadari dampak sebenarnya dari permainan paling populer di dunia ini," tutur Federer. 

Roger Federer yang memutuskan pensiun dari tenis pada September 2022, berharap Messi tetap "menari" di lapangan untuk menginspirasi lebih banyak orang. 

"Saat tumbuh dewasa, Diego Maradona dan Gabriel Batistuta adalah pemain Argentina favorit saya. Saya cukup beruntung bisa bertemu mereka berdua. Mereka menginspirasi saya," katanya. 

"Kini, Messi bisa menginspirasi generasi mendatang. Saya hanya bisa berharap kita bisa melihat kreativitas dan karya seninya yang unik sedikit lebih lama," ujar Federer. 

"Jangan berkedip terlalu sering saat Messi tampil di atas lapangan. Anda mungkin melewatkan sesuatu yang luar biasa dari pria ini. Terima kasih, Leo," ucap Roger Federer.

Selain Lionel Messi, rekan setimnya di Paris Saint-Germain (PSG), yaitu Kylian Mbappe, juga termasuk dalam 100 orang berpengaruh pada 2023 di kategori inovator. 

Termasuk Lionel Messi dan Kylian Mbappe, ada enam atlet yang berada dalam daftar tersebut yaitu Mikaela Shiffrin, Patrick Mahomes, Brittney Griner, dan Iga Swiatek.

Mikaela Shiffrin adalah atlet ski dan Patrick Mahomes merupakan quarterback Kansas City Chiefs.

Sementara itu, Brittney Griner ialah pebasket Amerika Serikat untuk tim Phoenix Mercury, sedangkan Iga Swiatek berstatus petenis wanita peringkat satu dunia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com