Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Gubernur Bali Koster Tolak Israel di ANOC World Beach Games

Kompas.com - 06/04/2023, 06:40 WIB
Ahmad Zilky,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Bali, I Wayan Koster, mengungkapkan alasannya menolak kontingen Israel di ANOC World Beach Games (AWBG) 2023.

Adapun perhelatan ANOC World Beach Games rencananya berlangsung di Bali pada 5-12 Agustus 2023.

I Wayan Koster mengatakan bahwa penolakan terhadap Israel berdasarkan Konstitusi Republik Indonesia dan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu).

“Berdasarkan pada konsistusi. Yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri Nomor 3 Tahun 2019,” kata I Wayan Koster usai menghadiri kegiatan di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Rabu (5/4/2023), dikutip dari Kompas.com Regional.

Menurut permenlu tersebut, Indonesia tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel.

Baca juga: Aksi 1.000 Lilin dan Doa Bersama, Duka Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Selanjutnya, tertuang sebuah larangan di permenlu itu soal pengibaran atau penggunaan bendera, lambang, atribut lainnya, dan pengumandangan lagu kebangsaan Israel di Indonesia.

“Sebagai suatu entitas sendiri karena diatur dalam Peraturan Menteri Luar Negeri tidak bola menyanyikan lagu kebangsaan Israel,” tambah dia.

Ini bukan kali pertama I Wayan Koster menolak atlet Israel. Sebelumnya, dirinya juga menentang tim sepak bola Israel di Piala Dunia U20 2023.

Saat itu, I Wayan Koster bahkan sampai mengirimkan surat kepada Menpora untuk menolak kehadiran timnas Israel di Piala Dunia U20 2023.

Baca juga: Asnawi soal Pembatalan Piala Dunia U20 di Indonesia: Semua Berantakan, Menyakitkan

Penolakan diduga menjadi penyebab FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U20 2023 yang sejatinya bergulir di Bali.

Tak lama kemudian, FIFA mengeluarkan pernyataan resmi bahwa Indonesia dicabut sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

FIFA tidak menjelaskan secara detail mengenai alasan mereka mencopot status tuan rumah Indonesia di Piala Dunia U20 20233.

Dalam pernyataannya, FIFA hanya menyebut karena “situasi terkini”. Kondisi itu disinyalir ada hubungannya dengan polemik timnas Israel di Piala Dunia U20.

Baca juga: Nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Usai Piala Dunia U20 Batal

Sejumlah pihak memang menolak timnas Israel bermain di Indonesia, termasuk I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Terkini, Indonesia dihadapkan dengan potensi hukuman dari FIFA seusai dicopot statusnya menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com Regional dengan judul “Tolak Tim Israel di ANOC World Beach Games Bali, Koster: Dasarnya Konsistusi dan Permenlu” (Penulis: Kontributor Bali, Hasan/Editor: Dheri Agriesta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com