Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WSBK Mandalika 2023, Jonathan Rea Akan Kerja Keras dan Lebih Kuat

Kompas.com - 02/03/2023, 17:19 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pebalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea, menganggap bahwa peta kekuatan tim-tim di ajang World Superbike (WSBK) 2023 akan bisa terlihat pada seri Mandalika.

Kejuaraan dunia balap  WSBK akan kembali menyambangi Sirkuit Mandalika, Lombok, dalam seri kedua musim 2023 pada 4-6 Maret 2023.

Ini adalah kali ketiga ajang WSBK menggelar balapan di Mandalika setelah sebagai seri penutup musim 2021 dan pada 2022 lalu.

Pada 2023, WSBK seri Mandalika digeser menjadi salah satu seri pembuka musim seusai balapan pertama telah digelar di Phillip Island, Australia.

Baca juga: Daftar Pebalap WSBK 2023: Siap Beraksi di Sirkuit Mandalika

Juara bertahan WSBK, Alvaro Bautista, berhasil mendominasi seri pembuka di Australia setelah ia berhasil meraih poin maksimal memenangi race 1, 2, dan Superpole.

Sebaliknya, bagi Jonathan Rea, meskipun berhasil menginjak podium kedua pada race pertama, Rea justru merosot ke posisi ketujuh pada Superpole dan posisi delapan di balapan kedua.

Juara dunia enam kali WSBK tersebut berharap nasibnya bisa lebih baik di Mandalika, mengingat ia memiliki sejarah yang baik ketika balapan di sana.

"Kami akan bekerja keras di Lombok untuk mendapatkan lebih banyak poin," ujar Rea dikutip dari Corsedimoto.

Baca juga: Jadwal WSBK Mandalika 2023: Bautista Datang dengan Hattrick Bersejarah di Phillip Island

"Tahun lalu saya merasa sangat baik sampai di bagian akhir balapan ketika risiko yang saya ambil membuat bagian depan motor kelebihan beban," tuturnya.

"Saya merasa bisa lebih kuat pada tahun ini," tambah pebalap yang menunggangi motor Kawasaki ZX-10RR tersebut.

Jonathan Rea memiliki hasil yang bagus ketika menyambangi Sirkuit Mandalika untuk pertama kalinya pada 2021 lalu.

Rea berhasil memenangi balapan pertama dan kedua, serta balapan Superpole dibatalkan karena cuaca. Meski begitu, ia gagal meraih gelar juara dunia yang direbut oleh Toprak Razaglioglu.

Baca juga: Jadwal WSBK Mandalika 2023, Tahun Ini Jadi Seri Awal Musim

Sementara itu pada 2022, Rea finis di posisi ketiga pada balapan pertama dan kedua dalam seri ketiga menjelang akhir tersebut.

Pada 2023 Rea berniat mengulangi pencapaian bagusnya tersebut dan yakin bahwa Kawasaki bisa lebih kompetitif dibandingkan seri pembuka di Australia lalu.

Menurut Rea, Sirkuit Mandalika bisa menjadi indikator kekuatan tim-tim yang berlomba di WSBK musim ini karena karakter sirkuit tersebut, termasuk timnya sendiri Kawasaki.

"Kami akan melakukan yang terbaik, Lombok akan lebih menentukan dibanding Phillip Island, itu adalah sirkuit yang lebih normal walaupun suhunya akan lebih tinggi," kata Rea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com