Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jim Ratcliffe: Calon Pembeli Man United, Saksi Malam Ajaib di Camp Nou

Kompas.com - 21/02/2023, 12:00 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Sir Jim Ratcliffe menjadi salah satu calon pembeli Manchester United. Ratcliffe mengaku, ia menyaksikan langsung malam ajaib di Camp Nou saat Setan Merah menjuarai Liga Champions.

Sir Jim Ratcliffe, bos perusahaan petrokimia Ineos, resmi melayangkan penawaran untuk membeli Manchester United pada Sabtu (18/2/2023).

Lahir di Manchester, Ratcliffe yang saat ini menyandang status sebagai orang terkaya di Inggris mengaku sebagai penggemar berat Setan Merah.

"Saya lahir di Manchester. Mereka (Man United) adalah tim saya," kata Ratcliffe, dikutip FourFourTwo.

Baca juga: Orang Terkaya di Inggris Jim Ratcliffe Siap Beli Man United

Pria yang kini berusia 70 tahun itu mengungkapkan, ia melihat langsung laga final Liga Champions 1999 ketika Man United bersua Bayern Muenchen di Stadion Camp Nou.

Pertandingan tersebut dianggap sebagai salah satu final paling dramatis dalam sejarah Liga Champions.

Man United tertinggal 0-1 dari Bayern hingga menit ke-90. Namun, secara ajaib, Setan Merah yang kala itu dilatih Sir Alex Ferguson bisa membalikkan keadaan pada masa injury time.

Man United mencetak dua gol injury time melalui aksi Teddy Sheringham (menit ke-90+1) dan Ole Gunnar Solskjaer (90'+3). Setan Merah pun menang 2-1 dan menjadi juara.

Baca juga: 4 Calon Pembeli Man United: Orang Terkaya Inggris, 2 Investor Timur Tengah

"Saya berada di pertandingan final Liga Champions 1999, ketika kami menang pada menit terakhir melawan Bayern Muenchen."

"Itu adalah kenangan paling luar biasa saya dalam sepak bola. Sebelumnya kami tidak pernah menang pada menit-menit gila seperti itu," kata Ratcliffe mengenang malam indah di Camp Nou tersebut.

"Itu adalah tiga menit yang Anda tidak akan bisa lupakan dalam hidup Anda," tutur Ratcliffe.

Ole Gunnar Solskjaer saat mencetak gol kemenangan Manchester United di final Liga Champions musim 1998-1999 melawan Bayern Muenchen di Stadion Camp Nou, Selasa (16/4/2019)AFP Ole Gunnar Solskjaer saat mencetak gol kemenangan Manchester United di final Liga Champions musim 1998-1999 melawan Bayern Muenchen di Stadion Camp Nou, Selasa (16/4/2019)

Baca juga: Man United Menuju Pemilik Baru, Jim Ratcliffe dan Sheikh Qatar Berebut Kuasa Old Trafford

Sir Jim Ratcliffe bukan satu-satunya pihak yang ingin membeli Manchester United.

Pesaing Ratcliffe datang dari Qatar yaitu Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani.

Sheikh Jassim disebut melayangkan penawaran sebesar 5,5 miliar juta dolar AS atau sekitar Rp 100,3 triliun untuk membeli Man United.

Penawaran Sheikh Jassim itu lebih tinggi dibanding angka yang disodorkan Sir Jim Ratcliffe yakni sebesar 4,6 miliar dolar AS.

Adapun Keluarga Glazer yang telah berkuasa di Old Trafford sejak 2005 disebut ingin menjual Manchester United dengan harga 6 miliar paun atau sekitar Rp 111,8 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com