Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HT Timnas U20 Indonesia Vs Selandia Baru 0-0: Sepakan Jarak Jauh Jadi Andalan

Kompas.com - 19/02/2023, 20:20 WIB
Mochamad Sadheli

Penulis

KOMPAS.com - Babak pertama timnas U20 Indonesia vs Selandia Baru berakhir dengan skor imbang tanpa gol alias 0-0.

Pertandingan Indonesia U20 vs Selandia Baru berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (19/2/2023) malam WIB.

Skuad Garuda Asia kesulitan menembus pertahanan lawan. Sebagai gantinya, mereka membuat banyak sepakan dari luar kotak penalti seperti yang dilakukan oleh Arkhan Fikri dan Frengky Missa. Tetapi, upaya mereka gagal.

Timnas U20 Indonesia sejatinya tampil agresif sejak menit pertama. Begitu juga dengan Selandia Baru. Kedua tim saling berusaha untuk memainkan pola mereka dengan penguasaan bola.

Pada lima menit awal, skuad Garuda Asia beberapa kali membuat gertakan ke gawang tim tamu. Akan tetapi, kondisi terbalik setelah menit tersebut.

Baca juga: Erick Thohir Jawab Keluhan STY soal TC Timnas U20: Merah Putih Prioritas!

Selandia Baru tampil percaya diri dengan penguasaan bola setelah menit kelima. Mereka bisa membuat skuad asuhan Shin Tae-yong tertekan.

Skuad Garuda Asia kesulitan merebut bola dari lawan. Saat mendapatkan bola, mereka juga mudah kehilangan sekaligus kesulitan membuat penguasaan.

Indonesia membuat sepakan mengarah ke gawang pertama mereka lewat kaki kiri Arkhan Fikri pada menit ke-20. Tetapi, masih bisa diamankan oleh kiper Selandia Baru, Henry Merson.

Sulitnya anak asuh Shin menguasai bola membuat mereka banyak melakukan skema serangan balik dan tendangan dari luar kotak penalti.

Baca juga: Timnas U20 Indonesia Vs Selandia Baru, Suporter Wajib Patuhi 12 Imbauan PSSI

Pada menit ke-23, Arkhan Fikri memiliki peluang emas satu lawan satu dengan kiper Henry Merson. Cungkilan Arkhan untuk mengecoh kiper lawan terlalu tinggi di atas mistar gawang Selandia Baru.

Selandia Baru memiliki peluang berbahaya pada menit ke-28 lewat set piece sepakan pojok yang mengarah langsung ke gawang. Tangkapan kiper Cahya Supriadi luput, bola berhasil ditanduk oleh Jay Joshua Herdman.

Beruntung bagi skuad Garuda Asia karena sundulan Joshua masih membentur mistar dan memantul keluar lapangan.

Indonesia kembali membuat serangan lewat permainan terbuka pada menit ke-35. Achmad Maulana berhasil merangsek ke kotak penalti lawan dari sisi kanan. Dia kemudian memberikan umpan cutback kepada Frengky Missa.

Baca juga: Pemerintah Dukung Pemberantasan Mafia Bola, PSSI Ujung Tombak

Hanya saja, Frengky Missa memanfaatkannya dengan kaki kanan yang mana bukan kaki terkuatnya. Bola pun melambung tinggi di atas mistar dan gagal berbuah gol.

Memasuki menit-menit akhir, Arkhan Fikri cs tampil lebih menekan. Mereka bisa menguasai bola di sepertiga akhir lawan. Akan tetapi, skuad Garuda Asia itu masih kesulitan menembus pertahan Selandia Baru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com