Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Proliga 2023 Seri 5 Malang: Satu Hari 4.000 Tiket

Kompas.com - 09/02/2023, 09:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com – Kompetisi bola voli profesional Indonesia, Proliga 2023, putaran kedua seri 5 diselenggarakan di GOR Ken Arok Kota Malang pada 9-12 Februari 2023.

Panitia penyelenggara pertandingan memastikan mencetak tiket sekitar 80 persen dari kapasitas jumlah penonton di GOR Ken Arok.

Ketua Panitia Pertandingan Proliga 2023, Miftahul Farqi Faris, menyebutkan, berdasarkan informasi yang diberikan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, kapasitas arena laga sebesar 5.000 penonton.

Miftahul mengatakan, pihaknya tidak akan mencetak tiket sesuai dengan kapasitas GOR Ken Arok. Panitia pertandingan dalam satu hari hanya akan mencetak 4.000 tiket.

Baca juga: Klasemen Proliga 2023 Jelang Seri 5 di Malang, Sengit Berebut Puncak

Namun, apabila antusiasme penonton cukup tinggi dan situasi di sekitar venue dirasa padat, pihaknya akan memaksimalkan 1.000 tiket tersisa sebagai cadangan.

“Kami menyepakati bahwa kami akan jual tiket hanya 80 persen dari total (kapasitas venue). Artinya, dalam satu hari kami hanya mencetak 4.000 tiket,” ujar Miftahul Farqi Faris.

“Tetapi kalau memang kondisi dibutuhkan terlalu crowded kami sudah menyediakan tiket yakni 1.000 tiket cadangan,” tambahnya.

Tiket cadangan itu baru akan dijual oleh panitia pertandingan apabila jumlah penonton di arena pertandingan kurang dari 4.000 penonton.

Ia menjelaskan, kebijakan tersebut diambil panitia untuk menghindari kapasitas berlebih di venue pertandingan Proliga 2023.

Baca juga: Puncaki Klasemen, Jakarta STIN BIN Lolos ke Final Four Proliga 2023

Pertimbangan lain adalah budaya penonton bola voli di Indonesia yang ketika telah menyaksikan tim kesayangan bertanding akan segera meninggalkan venue.

Dengan demikian, tersisa kursi penonton yang kosong dan bisa dimanfaatkan panitia untuk diisi fan lain yang akan menyaksikan pertandingan berikut.

“Kami akan melihat dulu kapasitas venue, apabila sudah terpenuhi 4.000, kami tidak akan menjual tiket. Tetapi, bila berkurang, akan segera kami rilis,” ujar Miftahul Farqi Faris.

“Karena rata-rata penonton di bola voli itu, tim yang didukung sudah selesai akan keluar, sehingga kapasitas sedikit berkurang dan itu yang akan kami rilis kembali tiketnya sesuai dengan kapasitas penonton yang ada,” tuturnya.

Seperti diketahui, harga tiket Proliga 2023 seri 5 Malang berkisar antara Rp 60.000 hingga Rp 150.000 untuk tiap pertandingan.

Pemain Jakarta Elektrik PLN Shinta Ainni Fathurrahmi (berjilbab), Ketua panitia Miftahul Farqi Faris, Wadir Proliga Reginald Nelwan , Ketua tim Jakarta Elektrik PLN Arsyadanigana Akmalaputri, Wakil Ketua Jakarta Elektrik PLN Bambang Sutanto dan Asisten Pelatih Jakarta Elektrik PLN Maman Suparman saat foto bersama seusai preskon jelang putaran kedua seri ke-5 Proliga 2023 di kantor PLN Kota Malang, Rabu (8/2/2023) siang. KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Jakarta Elektrik PLN Shinta Ainni Fathurrahmi (berjilbab), Ketua panitia Miftahul Farqi Faris, Wadir Proliga Reginald Nelwan , Ketua tim Jakarta Elektrik PLN Arsyadanigana Akmalaputri, Wakil Ketua Jakarta Elektrik PLN Bambang Sutanto dan Asisten Pelatih Jakarta Elektrik PLN Maman Suparman saat foto bersama seusai preskon jelang putaran kedua seri ke-5 Proliga 2023 di kantor PLN Kota Malang, Rabu (8/2/2023) siang.

Berikut ini adalah jadwal lengkap Proliga 2023 seri Malang pada 9-12 Februari 2023:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com