Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi Pernah Dirayu Bela Timnas Spanyol, Menolak karena Cinta Mati Argentina

Kompas.com - 24/12/2022, 16:00 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Lionel Messi pernah dirayu agar mau membela timnas Spanyol. Namun, Messi menolaknya karena rasa cinta yang begitu besar kepada Argentina.

Lionel Messi menjadi bagian penting dalam kesuksesan timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar.

Pada laga final Piala Dunia 2022 kontra Perancis yang dimenangi Argentina lewat adu penalti, Minggu (18/12/2022), Messi mampu menjaringkan dua gol.

Megabintang Paris Saint-Germain itu total mencetak tujuh gol dari tujuh pertandingan dan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Piala Dunia 2022.

Baca juga: Kemulian Abadi Messi dan Albiceleste

Keberhasilan Messi mengantar Argentina meraih gelar juara Piala Dunia 2022 mendapat pujian dari mantan pelatih timnas Spanyol, Vicente del Bosque.

Menurut Del Bosque, Messi adalah pesepak bola terbaik yang pernah ia lihat.

"Pemain terbaik yang pernah saya lihat adalah Messi. Di antara Cristiano Ronaldo dan Messi, saya memilih Messi," kata Del Bosque dalam wawancara dengan Radio Marca, seperti dikutup Sportskeeda.

Baca juga: Resep Argentina Juara Piala Dunia 2022: Magis Messi, Mentalitas Martinez, Kecerdasan Scaloni

"Dari semua pemain yang saya tahu selama bertahun-tahun di sepak bola, bagi saya (pemain terbaik) adalah Messi. Untuk konsistensi dan kualitasnya sebagai pesepak bola, dia sangat mengesankan."

"Dia (Messi) memiliki beberapa musim yang fantastis dan selalu memimpin timnya untuk maju," imbuh pelatih yang membawa Spanyol juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 tersebut.

Penyerang Argentina Lionel Messi mengangkat trofi Piala Dunia selama upacara trofi Piala Dunia 2022 Qatar setelah pertandingan final antara Argentina vs Perancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada Minggu 18 Desember 2022. Selanjutnya, Piala Dunia 2026 bakal digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.AFP/FRANCK FIFE Penyerang Argentina Lionel Messi mengangkat trofi Piala Dunia selama upacara trofi Piala Dunia 2022 Qatar setelah pertandingan final antara Argentina vs Perancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada Minggu 18 Desember 2022. Selanjutnya, Piala Dunia 2026 bakal digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Del Bosque yang juga pernah menangani Real Madrid lantas mengungkapkan sebuah fakta bahwa ia pernah membujuk Messi agar mau membela timnas Spanyol.

Pria yang kini berusia 71 tahun itu menuturkan, ia telah melakukan apa saja untuk membujuk Messi agar mau bermain bagi timnas Spanyol di level internasional.

Baca juga: PSG Tolak Keinginan Messi Bawa Trofi Piala Dunia ke Parc des Princes

Namun, rayuan Del Bosque itu mendapat penolakan karena Messi sangat mencintai tanah kelahirannya, Argentina.

"Saya melakukan apa saja untuk membuat Messi bermain bagi Spanyol. Namun, Lionel menolaknya karena kecintaannya pada negara," ucap Del Bosque.

Kini, Lionel Messi telah melengkapi pencapaiannya bersama Argentina dengan gelar juara Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, Messi telah merasakan medali emas Olimpiade serta gelar Piala Dunia U20, Copa America, dan Finalissima bersama Argentina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com