Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Argentina Vs Kroasia, 2 Persamaan Lionel Messi dan Luka Modric di Piala Dunia

Kompas.com - 13/12/2022, 14:40 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Semifinal Piala Dunia 2022 akan menyajikan laga Argentina vs Kroasia. Megabintang La Albiceleste, Lionel Messi, memiliki dua persamaan dengan kapten Vatreni, Luka Modric.

Pemilik dua gelar Argentina bakal melawan runner-up empat tahun lalu Kroasia pada partai semifinal Piala Dunia 2022 Qatar.

Laga Argentina vs Kroasia pada semifinal Piala Dunia 2022 tersebut akan dilangsungkan di Stadion Ikonik Lusail, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB.

Baca juga: Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022, Dibuka Argentina Vs Kroasia

Duel Argentina vs Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022 bakal mempertemukan dua pemain hebat, Lionel Messi dan Luka Modric.

Messi dan Modric adalah sosok penting di kedua kubu. Selain itu, dua pemakai nomor 10 itu juga memiliki persamaan di panggung Piala Dunia.

1. Sama-sama Pernah Kalah di Final Piala Dunia

Lionel Messi menjadi pemimpin timnas Argentina di lapangan ketika mereka menembus final Piala Dunia 2014 di Brasil.

Akan tetapi, kala itu performa gemilang Messi sepanjang turnamen tidak cukup untuk mengantar La Albiceleste menjadi juara.

Argentina kalah di final dari Jerman lewat gol semata wayang Mario Goetze di babak extra time.

Baca juga: Semifinal Piala Dunia 2022 Argentina Vs Kroasia, Modric Tahu Cara Hentikan Messi

Empat tahun kemudian pada Piala Dunia 2018 di Rusia, giliran Luka Modric yang merasakan pil pahit kalah di partai puncak.

Kroasia yang dikapteni Luka Modric sukses melaju hingga final Piala Dunia 2018. Namun, pada laga puncak, pasukan Vatreni kalah 2-4 dari Perancis.

2. Raih Bola Emas Meski Gagal Juara

Messi dan Modric gagal membantu timnya menjadi juara. Akan tetapi, pada kesempatan itu, mereka sama-sama menerima penghargaan Golden Ball alias Bola Emas sebagai tanda pemain terbaik turnamen.

Pada Piala Dunia 2014 Brasil, Messi selalu tampil pada tujuh laga Argentina dari fase grup hingga final.

Baca juga: Link Live Streaming Semifinal Piala Dunia 2022 Argentina Vs Kroasia

Dari tujuh penampilan tersebut, Lionel Messi yang kini membela Paris Saint-Germain berhasil mengemas empat gol dan satu assist.

Sementara itu, Luka Modric menjadi bagian penting dalam perjalanan Kroasia menembus final Piala Dunia FIFA untuk kali pertama.

Sepanjang turnamen Piala Dunia 2018 Rusia, gelandang Real Madrid itu hampir selalu bermain penuh dalam tujuh laga Kroasia dari babak penyisihan grup sampai dengan final.

Dari tujuh pertandingan Piala Dunia 2018 tersebut, Modric mampu menyumbang dua gol plus satu assist di mana salah satu golnya ia cetak ke gawang Argentina pada laga fase grup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com