Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualifikasi Penutup SAC Indonesia 2022: 3 Rekor Nasional Pecah di Semarang

Kompas.com - 13/12/2022, 12:10 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak tiga rekor nasional berhasil dipecahkan oleh para peserta Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 seri Central Java Qualifiers alias Kualifikasi Jawa Tengah.

SAC Indonesia 2022 yang merupakan kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air menggelar seri puncak Central Java Qualifiers di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, pada Sabtu (10/12/2022).

Adapun Central Java Qualifiers sekaligus menjadi kualifikasi penutup dari rangkaian penyelenggaraan SAC Indonesia 2022 yang digelar di sembilan wilayah di Tanah Air.

SAC Indonesia 2022 Central Java Qualifiers diikuti oleh lebih dari 2.000 pelajar dari 182 sekolah yang berada di Jawa Tengah.

Hasilnya, SAC Central Java Qualifiers melahirkan tiga rekor nasional yang berhasil dipecahkan oleh para peserta.

Baca juga: Kesuksesan SMAN 2 Tangsel di SAC Indonesia 2022 – Jakarta & Banten Qualifiers

Rekor pertama tercipta dari nomor tolak peluru putri jenjang SMA yang dibukukan oleh siswi SMAN 3 Tegal, Salsyabila Aprilianti.

Salsyabila berhasil mencatatkan tolakan sejauh 10,20 meter dan memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Hanna Hany Sormin dari SMAN 104 Jakarta dengan lemparan 8,59 meter.

Kemudian pada final nomor lari 1.000 meter (middle distance) putri, lagi-lagi rekor nasional SAC Indonesia berhasil dipecahkan. Kali ini melalui Aziyyati Dina Amalina dari SMAN 1 Pabelan, Semarang, yang finis dengan catatan waktu 3 menit 27,03 detik.

Aziyyati sukses mempertajam rekor yang sebelumnya dibuat oleh Gusti Kadek Widiyartini dari SMAN 4 Singaraja, Buleleng, yang mampu menyelesaikan lomba lari 1.000 meter dalam waktu 3 menit 31,13 detik pada final Bali-Nusa Tenggara Qualifiers. 

Rekor ketiga yang pecah pada SAC Indonesia 2022 Central Java Qualifiers lahir dari nomor lari estafet (relays) 4x100 meter.

Baca juga: Kualifikasi SAC Indonesia 2022: Jawa Barat Temukan Juara Lompat Jauh

Skuad SMKN 1 Bawang (Banjarnegara) sukses finis di podium teratas dengan catatan waktu 54,84 detik sekaligus memecahkan rekor yang sebelumnya dicetak oleh SMAN 9 Surabaya dengan 56,03 detik pada East Java Qualifiers.

"Kegiatan yang luar biasa. Mudah-mudahan dari Energen Champion SAC Indonesia ini kelak memunculkan atlet berprestasi, baik di tingkat kabupaten/kota provinsi hingga tingkat nasional dan internasional," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Semarang Fravarta Samad yang hadir langsung untuk menutup SAC Indonesia 2022 Central Java Qualifiers.

"Semoga perwakilan dari Jateng yang akan berangkat ke National Championship di Jakarta bulan Januari nanti mampu memberikan hasil yang terbaik," imbuh Fravarta.

SAC Indonesia 2022 Central Java Qualifiers menghasilkan 32 pelajar jenjang SMA yang berhasil naik podium baik sebagai juara maupun runner-up.

Baca juga: PASI Jateng Harap SAC Indonesia 2022 Dorong Sekolah Kembangkan Atletik Pelajar

Selanjutnya, ke-32 pelajar dari semua nomor itu akan diberangkatkan ke Jakarta untuk bersaing dengan pemenang dari qualifiers lainnya pada babak National Championship.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com