Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 22:37 WIB

KOMPAS.com - Aturan extra time dan adu penalti pada babak 8 besar alias perempat final Piala Dunia 2022 sama dengan fase gugur sebelummya dan turnamen-turnamen utama FIFA lainnya.

Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar sejak 20 Desember lalu kini telah mencapai perempat final.

Sebanyak delapan tim telah memastikan tempat di babak 8 besar Piala Dunia 2022 Qatar yaitu Kroasia, Brasil, Belanda, Argentina, Maroko, Portugal, Inggris, dan Perancis.

Adapun laga-laga yang tersaji di perempat final Piala Dunia 2022 adalah Kroasia vs Brasil, Belanda vs Argentina, Maroko vs Portugal, dan Inggris vs Perancis.

Baca juga: Ranking FIFA Tim-tim 8 Besar Piala Dunia 2022: Brasil Teratas

Rangkaian jadwal perempat final Piala Dunia 2022 bakal dimulai dengan duel Kroasia vs Brasil pada Jumat (9/12/2022) malam WIB dan ditutup partai Inggris vs Perancis, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.

Jika melihat peta kekuatan masing-masing tim dan kejutan yang sering terjadi di Piala Dunia 2022, bukan tidak mungkin laga-laga perempat final bakal selesai dengan extra time atau adu penalti.

Sebelumnya pada babak 16 besar, ada dua laga yang harus diselesaikan dengan adu penalti yaitu Jepang vs Kroasia dan Maroko vs Spanyol.

Laga Jepang vs Kroasia tuntas dengan skor sama kuat 1-1 pada waktu normal dan extra time, sedangkan duel Maroko vs Spanyol tak ada gol yang tercipta.

Baca juga: Harapan Ibra untuk Messi dan Argentina: Semoga Juara Piala Dunia 2022

Aturan Extra Time dan Babak Adu Penalti

FIFA telah menjelaskan aturan soal extra time dan adu penalti pada fase gugur Piala Dunia 2022 dalam regulasi turnamen pasal 3 tentang format kompetisi.

Kekecewaan para pemain Jepang setelah tersingkir dari Piala Dunia 2022. Jepang gugur di babak 16 besar Piala Dunia Qatar setelah tumbang lewat adu penalti kontra Kroasia pada Senin (5/12/2022) malam WIB.AFP/INA FASSBENDER Kekecewaan para pemain Jepang setelah tersingkir dari Piala Dunia 2022. Jepang gugur di babak 16 besar Piala Dunia Qatar setelah tumbang lewat adu penalti kontra Kroasia pada Senin (5/12/2022) malam WIB.

Pada poin 1, dijelaskan bahwa jika terjadi skor imbang dalam waktu normal pada laga fase gugur atau knockout, pertandingan akan dilanjutkan ke extra time.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber FIFA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+